PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG


Ira Puspita Rini , 5101412011 (2017) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (325kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Dasar-dasar menggambar Teknik merupakan mata pelajaran yang membahas tentangn teori serta tata cara gambar teknik. Hasil belajar peserta didik diluar jam sekolah kurang memuaskan, karena kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Kegiatan bimbingan kelompok merupakan salah satu alternatif kegiatan belajar diluar jam sekolah, yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar dengan bantuan pengajar dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar. Kegiatan bimbingan kelompok diterapkan pada mata pelajaran Dasardasar Menggambar Teknik Kompetensi Dasar Menjelaskan Dasar-dasar Gambar Teknik, Mengidentifikasi Peralatan dan Perlengkapan Menggambar serta Menggambar Garis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang kemudian dilaksanakan dengan menggunakan teknik diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data tentang tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-dasar Menggambar Teknik yang kemudian dilanjutkan dengan penerapan kegiatan bimbingan kelompok di luar jam sekolah serta pada akhir kegiatan peserta didik diberikan angket respon dan angket pengamatan untuk kepala asrama atau yang mewakili. Berdasarkan hasil analisis dari angket motivasi belajar peserta didik yang dilakukan mendapatkan persentase 73% yang artinya sebagian besar peserta didik sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi. Namun peserta didik membutuhkan cara belajar yang baru yaitu dengan belajar kelompok untuk mengatasi kesulitankesulitan belajar serta meningkatkan pemahaman materi dan praktik. Hasil dari angket respon mendapatkan persentase 82% yang artinya kegiatan bimbingan kelompok yang dilaksanakan menarik minat dan motivasi peserta didik untuk belajar serta dan meningkatkan pemahaman materi peserta didik. Sedangkan hasil dari angket pengamatan pada aspek materi mendapatkan persentase 94% yang artinya pengamat atau yang mewakili setuju bahwa materi yang dijelaskan pada saat bimbingan kelomppok sesuai dengan kurikulum dan silabus serta pada pelaksanaannya peneliti tidak melakukan hal yang menyimpang baik itu dari sikap ataupun pada proses pelaksanaan dan pada aspek instruksional mendaoatkan persentase 91% yang artinya pengamat atau yang mewakili setuju bahwa dengan bimbingan kelompok akan meningkatkan semangat dan motivasi belajar karena peneliti memberikan penghargaan terhadap segala tanggapan positif dari peserta didik, bimbingan kelompok dapat mengatasi kesulitan belajar serta dengan bimbingan kelompok peserta didik mengetahui pedoman belajar yang sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Bimbingan Kelompok, Mata Pelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:28
Last Modified: 26 Jun 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30785

Actions (login required)

View Item View Item