ANALISA EFISIENSI DAYA LISTRIK PENERANGAN JALAN UMUM KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN SISTEM PEREDUPAN STUDI KASUS DI JALAN MENOREH RAYA KOTA SEMARANG


M. Amirudin , 5101412005 (2017) ANALISA EFISIENSI DAYA LISTRIK PENERANGAN JALAN UMUM KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN SISTEM PEREDUPAN STUDI KASUS DI JALAN MENOREH RAYA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerangan Jalan Umum merupakan fasilitas vital yang dibutuhkan sebagai alat bantu navigasi pengguna jalan, meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, mendukung keamanan lingkungan dan memberikan keindahan lingkungan jalan pada malam hari. Penerangan jalan umum juga diperlukan untuk menunjang aktifitas perekonomian dan mobilitas masyarakat di malam hari. Sistem peredupan merupakan salah satu cara untuk menghemat energi listrik yang digunakan pada penerangan jalan umum, dengan cara mengurangi arus daya pada lampu dengan menggunakan peredup (dimmer). Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui besarnya persentase penghematan penggunaan daya listrik pada PJU di Jalan Menoreh Raya menggunakan sistem peredupan dengan tolok ukur volume kepadatan arus lalu lintas pada jam 18:00-06:00 dihari kerja dan hari libur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana subjek pada penelitian ini adalah peredupan penerangan jalan umum. Dengan pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Serta perhitungan grafik volume kepadatan lalu lintas menggunakan teknik kuartil. Hasil penelitian ini adalah seberapa besar persentase penghematan penerangan jalan umum menggunakan sistem peredupan dengan tolok ukur volume kepadatan lalu lintas dari pukul 18:00 sampai dengan pukul 06:00, pada hari efektif dan hari libur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan sistem peredupan pada penerangan jalan umum dapat menghemat penggunaan daya lampu penerangan jalan umum sebesar 36,98% pada hari efektif dan 34,27% pada hari libur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Peredupan, Penerangan Jalan Umum, Efisiensi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:28
Last Modified: 26 Jun 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30784

Actions (login required)

View Item View Item