PENGARUH KOMPETENSI KEJURUAN, PENGUASAAN SOFT SKILL, DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Reni Harlestiyani , 7101413387 (2017) PENGARUH KOMPETENSI KEJURUAN, PENGUASAAN SOFT SKILL, DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413387.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (723kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal menunjukan bahwa kesiapan kerja peserta didik kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 masih belum optimal yaitu sebanyak 22,62% peserta didik memilih melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus dari SMK dan 22,62% masih ragu-ragu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan pada kesiapan kerja peserta didik kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 107 peserta didik dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 107 peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) pada kesiapan kerja secara simultan sebesar 49,4%. Secara parsial kompetensi kejuruan pada kesiapan kerja sebesar 4,97%, penguasaan soft skill pada kesiapan kerja sebesar 4,79%, dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) pada kesiapan kerja sebesar 19,62%.Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh bahwa kesiapan kerja dalam kategori cukup, kompetensi kejuruan dalam kategori cukup, penguasaan soft skill dalam kategori cukup dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill dan pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) berpengaruh positif dan signifikan pada kesiapan kerja peserta didik. Saran untuk peserta didik agar dapat meningkatkan kesiapan kerja, tidak bergantung pada guru tetapi aktif mencari informasi atau diskusi dengan teman untuk meningkatkan kemampuannya dan ikut kegiatan diluar jam pelajaran seperti berorganisasi untuk melatih soft skill. Saran bagi guru lebih kreatif dalam pemilihan metode, model, media pembelajaran sebelum mengajar, menciptakan pembelajaran yang berbasis soft skill, dan simulasi untuk pembelajaran yang tidak ter-cover di tempat PKL. The results of preliminary observation indicate that the job readiness of class XII student of expertise programme office administration of SMK Negeri 1 Kebumen in the academic year 2016/2017 was still not optimal that 22.62% of students choose to continue to college after graduating from vocational school and 22.62% still doubt. The purpose of this study was determine whether there was influence simultaneously or partially between vocationalcompetency, soft skills capability and field work practice experience on the job readiness of class XII student of expertise programme office administration of SMK Negeri 1 Kebumen in the academic year 2016/2017. The population of this study was all students of class XII of expertise programme Office Administration in SMK Negeri 1 Kebumen in academic year 2016/2017 which has number of 107 students and the sample in this study was the entire population 107 students. The methods of data collection were interviews, questionnaires and documentations. The methods of data analysis used multiple linear regression and percentages descriptive. The results of this study statistically showed that there was influence of vocational competency, soft skill capability and field work practice experience (PKL) on the job readiness simultaneously as many as 49.4%. Partially, vocational competency on the job readiness is 4,97%, soft skill capability on the job readiness 4,79%, and field work practice experience (PKL) on the job readiness as many as 19,62%. The results of percentages descriptive analysis obtained that the job readiness in enough category, vocational competency in enough category, soft skill capabilitycompetency in enough category and experience of field work practices (PKL) in good category. Based on the results of the above research, it can be concluded that vocational competency, soft skill capability and field work practice experience (PKL) give a positive and significant impact on students' job readiness. The suggestions for students should improve the job readiness, not only dependent on teachers but also actively seeking information or discussions with friends to improve their abilities and participate in extracurricular activities such as joint organization to train the soft skills. The suggestions for teachers is to be more creative in the selection of methods, models, learning media before teaching, creating soft skills based learning, and simulation for learning that is not covered in PKL area.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) Job Readiness, Vocational Competency, Soft Skill Capability and Field Work Practice Experience (PKL)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Apr 2018 14:35
Last Modified: 16 Apr 2018 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item View Item