EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 SEMARANG


Muhammad Aunur Taufiq , 5101411067 (2017) EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (265kB) | Preview

Abstract

Dalam suatu pembelajaran, hasil belajar merupakan suatu hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami suatu proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada kegiatan pembelajaran guna mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X TGB SMK Negeri 5 Semarang. Peneitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen yang mana subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB – 1 yang menggunakan model pembelajaran NHT sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB – 3 yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang lazim digunakan guru yaitu berupa ceramah, tanya jawab, dan latihan-latihan soal sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti menggunakan metode acak penugasan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes untuk variabel hasil belajar. Analisis data untuk uji hipotesis adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan; (1) hasil belajar siswa dapat meningkat, dibuktikan dari niai rata-rata Pre Test sebelum siswa diberi perlakuan dibandingkan nilai rata-rata Post Test setelah siswa diberi perlakuan denngan uji gain sebesar 0,32 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang; (2) hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Perbedaan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:28
Last Modified: 26 Jun 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30780

Actions (login required)

View Item View Item