PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG


Niki Hana Winarsih, 5101411045 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk dapat belajar mandiri dan aktif dalam mencari dan memecahkan permasalahan yang ada didalam maupun diluar sekolah sesuai keahlian masing-masing. Kemudian dengan adanya tujuan pembelajan dari mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung yang mengharuskan siswanya untuk bisa mendekorasi sebuah ruangan. Maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat membuat siswa lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar sebagai indikator keberhasilan pembelajaran melalui keaktifan siswa pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung kelas XI di SMK Negeri 3 Tegal?” Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dimana subjek penelitian ini adalah siswa pada kelas XI TGB 1 (kelas kontrol) dan XI TGB 2 (kelas eksperimen). Untuk mengukur tingkat keaktifan siswa digunakan lembar observasi aktifitas siswa dan diisi oleh observer yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung, dengan hasil belajar sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen sebesar 85,31 dan kelas kontrol sebesar 52,12. Nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 85,50 untuk kelas eksperimen dan 77,45 untuk kelas kontrol. Simpulan penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajan yang peningkatannya tersebut berpengaruh terhadap siswa untuk memahami materi dekorasi dan ornamen rumah tinggal, kantor dan ruang publik sehingga hasil belajar siswa meningkat. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Aktifitas Siswa
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:27
Last Modified: 26 Jun 2019 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item