PENGARUH PENEMPAAN DAN HEAT TREATMENT PADA PEMBUATAN PERKAKAS LOGAM BERBAHAN PEGAS DAUN MOBIL TERHADAP KEKERASAN MIKRO VICKERS, KEKUATAN IMPAK DAN STRUKTUR MIKRO


Muhammad Rozihan A, 5201412078 (2017) PENGARUH PENEMPAAN DAN HEAT TREATMENT PADA PEMBUATAN PERKAKAS LOGAM BERBAHAN PEGAS DAUN MOBIL TERHADAP KEKERASAN MIKRO VICKERS, KEKUATAN IMPAK DAN STRUKTUR MIKRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (639kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penempaan dan heat treatment pada pembuatan perkakas logam berbahan pegas daun mobil terhadap kekerasan mikro vickers, kekuatan impak dan struktur mikro dengan variasi perlakuan penempaan, penempaanhardening, penempaan-hardening-tempering. Bahan penelitian adalah pegas daun mobil (kadar karbon 0,72%) berbentuk balok dengan ukuran 55 mm x 10 mm x 10 mm. Proses penempaan dilakukan untuk memipihkan spesimen, dilanjutkan hardening pada temperatur 8000C dengan holding time 15 menit dan didinginkan secara cepat atau quenching pada air sumur, kemudian diberi perlakuan tempering pada temperatur 5500C dengan holding time 60 menit. Pengujian yang dilakukan yaitu uji kekerasan mikro vickers, uji kekuatan impak charpy, dan struktur mikro yang dilakukan pada setiap tahap jenis perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah raw material rata-rata kekerasan VHN 534, kekuatan impak 0,42 J/mm2 dan struktur mikronya didominasi oleh struktur ferite, sedangkan martensite dan pearlite memiliki jumlah yang sedikit. Perlakuan penempaan rata-rata nilai kekerasan VHN 592, kekuatan impak 0,09 J/mm2, struktur mikronya didominasi oleh ferite, martensite dan pearlite mempunyai jumlah yang lebih banyak dibanding dengan raw material. Penempaan-hardening rata-rata nilai kekerasan VHN 814, kekuatan impak 0,09 J/mm2, struktur mikronya memiliki martensite yang memiliki bentuk yang lebih besar cenderung lebih banyak. Penempaan-hardening-tempering rata-rata nilai kekerasan VHN 544, kekuatan impak 0,27 J/mm2, struktur mikronya memiliki bentuk ferite, pearlite, martensite yang lebih halus dan jumlah martensite lebih sedikit dibanding dengan penempaan-hardening. Perlu penelitian lebih lanjut seperti penambahan pengujian tarik untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan valid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penempaan, Heat Treatment, Kekerasan mikro vickers, Kekuatan Impak, Struktur Mikro
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 13 Apr 2018 18:20
Last Modified: 05 Apr 2019 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30768

Actions (login required)

View Item View Item