KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ALAT UKUR TEKNIK PEMESINAN KELAS X SMK WISUDHA KARYA KUDUS


Teguh Adi Nugroho , 5201412015 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ALAT UKUR TEKNIK PEMESINAN KELAS X SMK WISUDHA KARYA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (307kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Salah satu metode alternatif yang tepat adalah metode tutor sebaya. Metode tutor sebaya diterapkan agar peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran karena siswa cenderung lebih terbuka dan mampu mengungkapkan tentang dirinya sendiri kepada teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menegetahui perbedaan hasil belajar pembelajaran saintifik menggunakan metode tutor sebaya dan konvensional pada mata pelajaran teknologi mekanik kompetensi menjelaskan teknik menggunakan alat ukur pada peserta didik kelas X SMK Wisuda Karya Kudus. (2) Mengetahui keefektifan pembelajaran saintifik menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran teknologi mekanik kompetensi menjelaskan teknik menggunakan alat ukur pada peserta didik kelas X SMK Wisuda Karya Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TP di SMK Wisudha Karya Kudus. Dua kelas sampel yang dipilih secara purposive yaitu kelas X TP4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TP5 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode tutor sebaya. Hasil belajar alat ukur sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan memberikan soal pilihan ganda kepada masingmasing peserta didik dan non tes dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (t-test) dan uji gain untuk mengetahui kefektifan metode tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata belajar kompetensi teknik menggunakan alat ukur pada kelompok kontrol yaitu yang menggunakan pembelajaran ceramah sebesar 70,18. Sedangkan pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pada pembelajaran dengan metode tutor sebaya sebesar 77,56. Ada peningkatan hasil belajar saat dilihat dari rata-rata kelas dan analisis hipotesis yang menunjukkan kelas eksperimen memperoleh nilai uji gain = 0,54557 lebih besar dari kelas kontrol = 0,4, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata pre-test dan post-test kelas yang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan metode tutor sebaya (50,62 ≠ 77,56) maupun kelas yang diterapkan metode ceramah (50,31 ≠ 70,18). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya lebih efektif dibanding penerapan metode ceramah. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan metode tutor sebaya dapat menghasilkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah, maka metode tutor sebaya dapat dijadikan alternatif oleh pendidik dalam proses pembelajaran khususnya kompetensi teknik menggunakan alat ukur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya, hasil belajar peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2018 13:52
Last Modified: 05 Apr 2019 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30753

Actions (login required)

View Item View Item