EFISIENSI DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DENGAN SISTEM PEREDUPAN STUDI KASUS DI JALAN NGALIAN – MANGKANG KOTA SEMARANG


Elang Pratama Wahyu Paradewa , 5101411007 (2017) EFISIENSI DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DENGAN SISTEM PEREDUPAN STUDI KASUS DI JALAN NGALIAN – MANGKANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan suatu wilayah ditandai dengan adanya peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan aktivitasnya. . Peningkatan aktivitas penduduk sering kali menimbulkan masalah bagi pengelola suatu wilayah, karena sering kali tidak diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana serta pelayanan infrastruktur untuk mendukung peningkatan aktivitas penduduk tersebut. Diantaranya sarana infrastruktur jalan raya dengan spesifikasi pada penggunaan lampu penerangan jalan. Penggunaan lampu penerangan jalan yang berlebihan sangatlah tidak efektif sehingga perlu adanya penelitian tentang efisiensi penggunaan PJU. Peredupan merupakan salah satu metode yang dapat mengurangi pemborosan penggunaan PJU. Dalam pengabilan data penelitian ini menggunakan teknik survei. Subjek penelitiannya adalah kepadatan lalu lintas ruas jalan Ngalian – Mangkang yang dilakukan secara teratur pada hari kerja dan hari libur. Pengambilan data dari jam 18.00 sampai dengan 06.00. Hasil dari penelitian ini berupa data kepadataan lalu lintas di hari efektif/ kerja dan dihari libur. Adapun hasil efisiensi penggunaan daya sebesar 32,25% pada hari kerja dan efisiensi penggunaan daya sebesar 29,15% pada hari libur. Dalam satu tahun diasumsikan bahwa hari efektif sebanyak 261 hari dan hari libur sebanyak 104 hari dengan hari libur adalah hari sabtu dan minggu, maka asumsi efisiensi daya selama satu tahun sebesar 31,23% Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain (1) pemerintah kota Semarang hendaknya lebih mengawasi akan penerangan jalan umum dan juga menjaganya sehingga tidak terjadi banyak kerusakan pada sarana yang dibutuhkan semisal lampu, tiang, kabel dan lainnya. (2) bagi pengguna jalan hendaknya tidak merusak failitas yang ada sebagai contoh pencurian arus listrik pada tiang penerangan jalan umum yang ada dan (3) bagi peneliti lain hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan menggunakan teknik lain sehingga mengurangi anggaran yang digunakan dalam penerangan jalan umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi daya, Penerangan Jalan Umum (PJU), Sistem pered
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 21:26
Last Modified: 26 Jun 2019 21:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30752

Actions (login required)

View Item View Item