PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG


M Erwin Kushartanto, 5101411001 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (348kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu wujud perubahan yang terjadi akibat dari proses belajar. Perubahan-perubahan tersebut berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada diri siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran merupakan suatu strategi mengajar yang perlu untuk selalu dikembangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada kegiatan pembelajaran yang tujuannya untuk mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui perbedaan minat belajar dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode ekspositori Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling dalam penelitian ini random sampling jenis random assignment dengan hasil kelas X TGB-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi treatment dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dan kelas X TGB-2 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. dalam penelitian ini terdapat variabel terikat yaitu minat belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation. Persyaratan Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji kesamaan varians (uji homogenitas), uji kelinieran, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukan minat belajar dan hasil belajar siswa yang KBM nya menggunkan model pembelajaran kooperatif group investigation lebih tinggi dibandingkan minat belajar dan hasil belajar siswa yang KBMnya menggunakan metode ekspositori. Makin tinggi minat belajar siswa yang KBM nya menggunkan model pembelajaran kooperatif group investigationmakin makin tinggi pula hasil belajar pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Minat belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:26
Last Modified: 26 Jun 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30751

Actions (login required)

View Item View Item