PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTIK TEKNIK FURNITURE DIKELAS X SMK NEGERI 2 ADIWERNA


Zainal Arifin , 5101410027 (2017) PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PRAKTIK TEKNIK FURNITURE DIKELAS X SMK NEGERI 2 ADIWERNA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101410027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (388kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMK Negeri 2 Adiwerna tidak hanya membekali peserta didiknya di dalam sekolah melalui teori, namun di bekali pula melalui praktek. Pelaksanaan praktik bergantung pada kelengkapan peralatan praktik, keterbatasan dan kelengkapan dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa pada saat melakukan praktik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan hubungan antara kelengkapan peralatan praktek dengan hasil belajar teori siswa pada mata diklat praktik dasar furniture Siswa kelas X SMK Negeri 2 Adiwerna; dan (2) menemukan hubungan antara kelengkapan peralatan praktik dengan hasil belajar praktek siswa pada mata diklat praktik dasar furniture Siswa kelas X SMK Negeri 2 Adiwerna. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif, dengan metode survey yang dilaksanakan di SMK N 2 Adiwerna. Sumber data penelitian adalah Siswa Kelas X SMK N 2 Adiwerna dengan metode pengumpulan data angket atau kuesioner dan dokumentasi. Seluruh siswa diambil sebagai sampel. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan korelasi dalam regresi sederhana. Makin baik kelengkapan alat praktek pada mata diklat praktik dasar furniture Siswa kelas X SMK Negeri 2 Adiwerna tidak mendukung makin tinggi hasil belajar teori furniture, hal ini diduga karena variabel kelengkapan alat praktik merupakan faktor eskternal, sedangkan faktor internal tidak dimasukkan sebagai variabel bebas, padahal diduga justru variabel inilah yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar. Variabel yang berasal dari faktor internal yang mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar misalnya adalah minat belajar dan tingkat disiplin siswa dalam belajar. Makin baik kelengkapan alat praktek pada mata diklat praktik dasar furniture Siswa kelas X SMK Negeri 2 Adiwerna tidak mendukung makin tinggi hasil belajar praktik dasar furniture, hal ini diduga karena variabel kelengkapan alat praktik merupakan faktor eskternal, sedangkan faktor internal tidak dimasukkan sebagai variabel bebas, padahal diduga justru variabel inilah yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar. Variabel yang berasal dari faktor internal yang mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar misalnya adalah minat belajar dan tingkat disiplin siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelengkapan peralatan praktik, Hasil belajar, SMK N 2 Adiwerna
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:25
Last Modified: 26 Jun 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30748

Actions (login required)

View Item View Item