PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI


Aulia Rakhman , 5101410018 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101410018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (362kB) | Preview

Abstract

Gambar Teknik merupakan salah satu mata pelajaran yang kegiatan pembelajarannya terdiri dari teori dan praktek. Pada mata pelajaran ini siswa dituntut lebih mengembangkan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural, karena mata pelajaran ini tidak hanya memerlukan pengetahuan tetapi juga memerlukan keterampilan. Dengan adanya metode Direct Instruction ini diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: untuk mengetahui apakah metode Direct Instruction ini dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Kedungwuni dibanding dengan metode yang selama ini digunakan, dimana sebagian besar siswa masih belum memenuhi standar ketuntasan belajar dan perlu pembelajaran ulang / remidi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan none equivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Kedungwuni sebanyak 64 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptis, dan uji kesamaan dua rata-rata. Implementasi model pembelajaran direct instruction dilakukan dengan melaksanakan bimbingan pelatihan saat pembelajaran berlangsung, terdapat dua kali penilaian bimbingan yaitu bimbingan pelatihan I dan bimbingan pelatihan II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Kedungwuni pada mata pelajaran gambar teknik kompetensi mengklarifikasikan huruf, angka dan etiket gambar teknik sesuai prosedur dan aturan penerapan, yaitu ditunjukan dengan hasil nilai rata – rata pretest dan postest pada kemampuan kognitif siswa dan hasil bimbingan I dan bimbingan II pada kemampuan psikomotorik, dengan rincian sebagai berikut: (I) Hasil belajar kognitif kelompok eksperimen dari 53.32 menjadi 79.00, dan kelompok kontrol 54.00 menjadi 72.17. Dari data tersebut menunjukkan persentase peningkatan kelompok eksperimen sebesar 55%, sedangkan persentase peningkatan untuk kelompok kontrol sebesar 39,5%. (II) Hasil belajar psikomotorik kelompok eksperimen dari 70.3 menjadi 81.5, dan kelompok kontrol 69.1 menjadi 77.5. Dari data tersebut menunjukkan persentase peningkatan kelompok eksperimen sebesar 37.6% sedangkan persentase peningkatan untuk kelompok kontrol sebesar 27.2%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Gambar Teknik, Quasi Experiment
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:25
Last Modified: 26 Jun 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30746

Actions (login required)

View Item View Item