PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BRAND ROLARALA


Andi Setiawan , 2411411053 (2017) PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BRAND ROLARALA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411411053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rolarala adalah brand lokal pertama yang mengembangkan tenun ikat troso menjadi produk fashion. Tenun ikat troso merupakan kerajinan tenun tradisional yang terkenal di Jepara. Bisnis fashion ini dilakukannya untuk meningkatkan nilai jual tenun ikat troso. Semakin banyaknya kompetitor fashion di Indonesia yang semakin ketat, Rolarala membutuhkan sebuah platform digital yang setara dengan persaingan bisnis global saat ini. Tujuan proyek studi ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan rancangan media promosi online berupa website sebagai upaya meningkatkan kegiatan promosi Rolarala. Media promosi adalah rancangan mengomunikasikan suatu produk atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kasat mata dengan cara mempengaruhi konsumen secara langsung maupun tidak langsung untuk menciptakan jual beli dalam pemasaran. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website sebagai media promosi atau biasa disebut pemasaran online merupakan salah satu dari pemasaran langsung (direct marketing). Keuntungan dari pemasaran online adalah akses informasi retrieval dan tidak ada pembatasan materi promosi yang dilakukan dengan biaya relatif murah. Perancangan karya media promosi ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary, proses pra-produksi, proses produksi, dan proses pasca-produksi. Melalui proses dalam pembuatan karya media promosi ini, dihasilkan karya website ecommerce sebagai media promosi dan penjualan. Perancangan karya ini memperhatikan unsur-unsur dan prinsip-prinsip desain seperti garis, ruang, warna, tekstur, keseimbangan, dominasi, kesatuan dan lainnya sehingga tercipta desain yang estetis. Ciri umum dari media tersebut yaitu selalu menampilkan logo Rolarala. Desain bergaya simple dan elegant, warna umum yang digunakan hitam putih, Dominasi terdapat pada foto produk yang menonjolkan keunikan tenun. Font yang digunakan adalah Raleway. Pesan yang terkandung bersifat informatif dan pengingat. Perancangan ini menghasilkan rancangan media promosi online berupa media website yang diharapkan dapat meningkatkan kegiatan promosi dan penjualan produk Rolarala lebih luas serta meningkatkan citra dari Rolarala. Meningkatkan jumlah konsumen dan costumer loyallity, sehingga omset pendapatan akan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perancangan, Website, Media Promosi, Rolarala
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 11 Apr 2018 18:48
Last Modified: 11 Apr 2018 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item