PENGARUH MODAL SOSIAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI TRANSFER PENGETAHUAN DAN STRATEGI PENGETAHUAN AMBIDEXTROUS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pelaku UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif 3 Produk Unggulan di Kota Semarang)


Arif Widaryanto, 7311413239 (2017) PENGARUH MODAL SOSIAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF MELALUI TRANSFER PENGETAHUAN DAN STRATEGI PENGETAHUAN AMBIDEXTROUS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pelaku UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif 3 Produk Unggulan di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413239.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Modal sosial merupakan suatu jaringan yang kuat berupa hubungan antara individu yang berkembang seiring waktu berjalan timbul adanya kepercayaan, dan tindakan yang kolektif dalam suatu organisasi. Tingkat modal sosial yang dimiliki pelaku UMKM dapat berpengaruh pada transfer pengetahuan dan strategi pengetahuan ambidextrous, terlebih dalam menjalin hubungan dan kerja sama dengan rekan bisnis untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku kerja inovatif perlaku UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediasi transfer pengetahuan dan strategi pengetahuan ambidextrous pada hubungan modal sosial terhadap perilaku kerja inovatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pemilik UMKM di Kota Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Jumlah sampel sebanyak 95 pelaku UMKM. Metode analisis data menggunakan analisis analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi, dan analisis jalur. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial berpengaruh positif signifikan pada transfer pengetahuan, strategi pengetahuan ambidextrous, dan perilaku kerja inovatif. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa transfer pengetahuan dan strategi pengetahuan ambidextrous pada perilaku kerja inovatif. Selanjutnya, penelitian ini menemukan pengaruh modal sosial pada perilaku kerja inovatif dapat dimediasi oleh transfer pengetahuan dan strategi pengetahuan ambidextrous. Simpulan dari penelitian ini yaitu modal sosial yang dimiliki pelaku UMKM cenderung meningkatkan perilaku kerja inovatif jika pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota Semarang memiliki transfer pengetahuan dan strategi pengetahuan ambidextrous. Pelaku UMKM yang memiliki modal sosial dapat dengan mudah memiliki kesesuaian juga dengan rekan bisnisnya. Hal tersebut dapat mendorong pelaku UMKM untuk memiliki transfer pengetahuan dan strategi pengetahuan ambidextrous, sehingga pelaku UMKM akan memiliki ide-ide baru untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif. Saran bagi pelaku UMKM yaitu agar dapat meningkatkan modal sosial berupa jaringan bisnis untuk meningkatkan inovasi dan untuk DiskopUMKM agar memfasilitasi wadah unuk menampung ide baru pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Transfer Pengetahuan, Strategi Pengetahuan Ambidextrous, Perilaku Kerja Inovatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:25
Last Modified: 26 Jun 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item