PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN KEPUASAN KERJA DAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Bagian Teknik Unit Getas PT Perkebunan Nusantara IX Salatiga)


Fandi Aji Saputro , 7311413231 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN KEPUASAN KERJA DAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan Bagian Teknik Unit Getas PT Perkebunan Nusantara IX Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413231.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan psikologis dapat ditingkatkan apabila pemimpin mempunyai kepemimpinan transformasional yang tinggi, sehingga dapat mendorong kepuasan kerja dan kepercayaan diri karyawan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kesejahteraan psikologis melalui kepuasan kerja dan kepercayaan diri sebagai variabel mediasi. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan teknik tetap PT Perkebunan Nusantara IX unit kebun Getas, Salatiga. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebesar 82 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional sebagai variabel bebas, kepuasan kerja dan kepercayaan diri sebagai variabel mediasi, dan variabel kesejahteraan psikologis sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, studi kepustakaan, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis jalur (path analysis) diperoleh pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 0.268, sedangkan pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kesejahteraan psikologis melalui kepuasan kerja sebesar 0.304. Kemudian pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kesejahteraan psikologis melalui kepercayaan diri sebesar 0.336. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kesejahteraan psikologis melalui kepuasan kerja lebih besar dibanding pengaruh langsung yaitu 0.304>0.268. Kemudian, pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kesejahteraan psikologis melalui kepercayaan diri lebih besar dibanding pengaruh langsung yaitu 0.336>0.268. Saran dari hasil penelitian ini yaitu perusahaan diharapkan dapat memberikan tambahan bonus atau gaji insentif agar meningkatkan kepuasan kerja dan atasan lebih memotivasi bawahannya agar kepercayaan diri karyawan meningkat. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Kepercayaan Diri, Kesejahteraan Psikologis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:24
Last Modified: 26 Jun 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30726

Actions (login required)

View Item View Item