PENGARUH TUNTUTAN PEKERJAAN, TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT, DAN DUKUNGAN SUPERVISOR PADA KELELAHAN EMOSIONAL (Studi pada Karyawan Produksi PT. Tripilar Betonmas Salatiga)


Fajar Nurlaila , 7311413222 (2017) PENGARUH TUNTUTAN PEKERJAAN, TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT, DAN DUKUNGAN SUPERVISOR PADA KELELAHAN EMOSIONAL (Studi pada Karyawan Produksi PT. Tripilar Betonmas Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413222.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelelahan emosional karyawan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan oleh perusahaan, karena berpengaruh pada kualitas hidup pekerjaan dan berpengaruh juga terhadap keoptimalan fungsi organisasi. Pekerja yang rentan mengalami kelelahan emosional salah satunya adalah karyawan bagian produksi. Rutinitas dan jadwal pekerjaan yang dihadapi sehari-hari menyebabkan gangguan psikologis yaitu susah untuk berkonsentrasi, sakit kepala, dan cenderung untuk lupa. Dan gangguan fisik yaitu berupa rasa nyeri di punggung dan nyeri pada anggota badan. Gangguan psikologis dan fisik yang dialami oleh karyawan ini merupakan gejala dari kondisi kelelahan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tuntutan pekerjaan, tipe kepribadian ekstrovert, dan dukungan supervisor berpengaruh pada tingkat kelelahan emosional karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan produksi PT. Tripilar Betonmas Salatiga yang berjumlah 558 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 karyawan produksi. Sedangkan untuk metode pengambilan data yaitu menggunakan kuesioner dengan alat analisis menggunakan SPSS versi 23. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji t untuk hipotesis. Hasil menunjukan bahwa tuntutan pekerjaan berpengaruh pada tingkat kelelahan emosional dengan hasil t hitung sebesar 4,320 dan nilai propabilitas 0,000<0,05 maka H1 diterima. Tipe kepribadian ekstrovert berpengaruh pada tingkat kelelahan emsoional karyawan dengan hasil t hitung sebesar 0,001 maka H2 diterima. Dukungan supervisor berpengaruh pada tingkat kelelahan emosional, hasil t hitung sebesar -3,579 dan nilai probabilitas 0,000<0,05 maka H3 diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah tuntutan pekerjaan, tipe kepribadian ekstrovert, dan dukungan supervisor dapat menurunkan tingkat kelelahan emosional karyawan. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya perusahaan lebih memperhatikan tuntutan yang diberikan pada karyawan dan hendaknya supervisor memberikan dukungan yang lebih optimal pada karyawan. Penelitian ini masih menggunakan sampel homogen, yaitu jenis kelamin laki-laki, untuk peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan sampel dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan agar hasil penelitian lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tuntutan Pekerjaan, Tipe Kepribadian Ekstrovert, Dukungan Supervisor, Kelelahan Emosional.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:24
Last Modified: 26 Jun 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30723

Actions (login required)

View Item View Item