PENGARUH KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SOCIAL NETWORKING SITE (Studi Pada Buyer Toko Online Lazada.co.id di Kota Semarang)


Muhammad Irham Farohi, 7311413217 (2017) PENGARUH KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SOCIAL NETWORKING SITE (Studi Pada Buyer Toko Online Lazada.co.id di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413217.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (652kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti keamanan, kepercayaan dan social networking site. Namun ada beberapa penelitian yang menyatakan sebaliknya. Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan pengunjung dan peringkat pada toko online Lazada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keamanan, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko online Lazada.co.id. Variabel social networking site digunakan sebagai variabel intervening dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti, sehingga dengan menggunakan metode iterasi diperoleh sampel sebanyak 115 responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Metode analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS version 21.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh variabel keamanan, kepercayaan dan social networking site terhadap keputusan pembelian dengan t hitung (2,283, 1,756, 3,828) dengan taraf signifikansi (0,024, 0,082, 0,000), ini artinya kepercayaan tidak signifikan. Uji analisis jalur menunjukkan bahwa keamanan dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui social networking site dilihat dari total koefisien jalur yang lebih besar daripada pengaruh langsungnya (0,216 > 0,209) dan (0,335 > 0,177). Simpulan penelitian ini adalah ditemukannya pengaruh keamanan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui social networking site. Saran dari penelitian ini adalah pihak manajemen perlu memperkuat keamanan dan kepercayaan serta meningkatkan social networking site agar konsumen melakukan keputusan pembelian. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel pada penelitian ini untuk menguji objek lain dengan karakteristik yang sama dan menambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keamanan, Kepercayaan, Social Networking Site, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:24
Last Modified: 26 Jun 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item