PERAN KEBIJAKAN HUTANG DALAM MEMEDIASI PENGARUH BUSINESS RISK DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2015


Tio Darmanto , 7311413216 (2017) PERAN KEBIJAKAN HUTANG DALAM MEMEDIASI PENGARUH BUSINESS RISK DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413216.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (949kB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham, dimana semakin tinggi harga saham maka nilai perusahaan dan kemakmuran para pemegang saham juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh business risk dan firm size terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 49 laporan keuangan perusahaan dan setelah menggunakan teknik purposive sampling jumlah sampel menjadi 29 laporan keuangan perusahaan. Pengolahan data menggunakan SPSS 21. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang diperluas dengan analisis jalur untuk menentukan pengaruh langsung maupun tidak langsung business risk dan firm size terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan hutang sebagai variabel mediasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa business risk berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan, sedangkan firm size berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan hutang maupun nilai perusahaan. Pada penelitian ini kebijakan hutang terbukti hanya mampu memediasi pengaruh firm size terhadap nilai perusahaan di sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2015. Namun tidak terbukti mampu memediasi pengaruh business risk terhadap nilai perusahaan Dengan demikian, semakin tinggi business risk yang dihadapi oleh perusahaan akan menurunkan kebijakan hutang yang kemudian menurunkan nilai perusahaan, sedangkan semakin besar ukuran perusahaan akan meningkatkan kebijakan hutang yang selanjutnya akan meningkatkan nilai perusahaan. Saran yang dapat diberikan kepada manajemen perusahaan, sebaiknya perusahaan memperhatikan business risk serta ukuran perusahaan untuk menentukan kebijakan hutangnya karena dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Sedangkan bagi investor, sebaiknya memperhatikan business risk, ukuran perusahaan serta kebijakan hutang perusahaan ketika akan menanamkan modalnya agar mendapatkan keuntungan yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Business Risk, Firm Size, Nilai Perusahaan, Kebijakan Hutang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:24
Last Modified: 26 Jun 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item View Item