MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN INOVASI PADA UMKM TENUN DI KABUPATEN JEPARA


NADYA PRIMANITA , 7311413208 (2017) MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN INOVASI PADA UMKM TENUN DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413208.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan UMKM menjadi suatu hal yang krusial mengingat UMKM mempunyai peranan yang demikian penting untuk pertumbuhan ekonomi sebuah negara termasuk di negara Indonesia. UMKM di Indonesia telah memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, besarnya kontribusi ini, menunjukkan bahwa UMKM mempunyai kemampuan untuk memperkuat struktur perekonomian nasional. Keberhasilan UMKM dapat dilihat dari hasil kinerja UMKM tersebut. Untuk menghasilkan kinerja pemasaran yang unggul, didukung dengan adanya orientasi pasar, orientasi pempelajaran dan inovasi untuk keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi pemebelajaran dan inovasi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Tenun di Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua UMKM Tenun di Kabupaten Jepara yang berjumlah 756 unit usaha. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 161 responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui program IBM SPSS AMOS 21. Hasil penelitian dengan analisis SEM, menunjukkan bahwa model penelitian ini dengan variabel orientasi pasar, orientasi pemsaran, inovasi dan kinerja pemasaran dapat diterima secara fit atau baik dengan hasil perhitungan memenuhi kriteria goodness of fit index. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat 6 hipotesis dengan hasil 5 hipotesis memiliki pengaruh signifikan (p<0.05) dan ada satu hipotesi yang tidak memiliki pengaruh karena nilai probapilitasnya >0.05 . Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa orientasi pasar, orientasi dan inovasi memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, namun untuk orientasi pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Saran dari peneliti untuk pengusaha UMKM Tenun di Kabupaten Jepara agar terus menigkatkan orientasi pasar dan orientasi pembelajaran, agar dapat terus menciptakan inovasi yang tepat yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran yang unggul. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menambah variabel lain ataupun faktor lain yang terkait dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Pemeblajaran , Inovasi, dan Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:24
Last Modified: 26 Jun 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item View Item