ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU OPTIMAL DENGAN PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA LYN’S BROWNIES AND BAKERY


Cahya Agustian, 7311413189 (2017) ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU OPTIMAL DENGAN PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA LYN’S BROWNIES AND BAKERY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413189.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persediaan merupakan bagian vital dalam suatu perusahaan. Persediaan yang optimal tentunya dapat dicapai apabila perusahaan memiliki sistem pengendalian persediaan yang baik. Metode kebijakan pengendalian persediaan secara konvensional yang dilakukan perusahaan tidak memberikan hasil yang efisien dalam menerapkan persediaan bahan baku. Persediaan yang optimal akan dapat dicapai apabila mampu menyeimbangkan beberapa faktor. Pembelian bahan baku yang dilakukan perusahaan seringkali tidak sebanding dengan pemakaian. Belum adanya reorder point dan safety stock dalam pembelian bahan baku seringkali menimbulkan kelebihan persediaan. Permasalahan pada penelitian ini adalah belum optimalnya persediaan tepung terigu dan gula pasir pada Lyn’s Brownies and Bakery sehingga total biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan menjadi besar. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis besarnya persediaan optimal dilakukan dengan menggunakan metode perhitungan EOQ sehingga diperoleh penghematan pada total biaya persediaan. Analisis perhitungan digunakan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif terhadap jumlah pembelian, jumlah pemakaian, dan persediaan akhir bahan baku serta biaya pemesanan dan penyimpanan dalam penentuan persediaan yang optimal. Bahan baku yang diperhitungkan adalah tepung terigu dan gula pasir Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa persediaan tepung terigu yang optimal tahun 2016 berdasarkan metode EOQ pada triwulan I sebesar 2961 kg dengan frekuensi pembelian sebanyak 4 kali dan melakukan pemesanan (ROP) saat persediaan di gudang tersisa 432 kg dapat menghemat TIC sebesar Rp 1.323.185. Persediaan gula pasir yang optimal tahun 2016 berdasarkan metode EOQ pada triwulan I sebesar 2301 kg dengan frekuensi pembelian sebanyak 4 kali melakukan pemesanan (ROP) saat persediaan di gudang tersisa 360 kg dapat menghemat TIC sebesar Rp 1.204.365. Simpulan dari hasil penelitian bahwa pengendalian persediaan berdasarkan metode EOQ lebih optimal dan efisien dibandingkan metode konvensional yang diterapkan Lyn’s Brownies and Bakery. Lyn’s Brownies and Bakery khususnya pihak manajemen sebaiknya melakukan evaluasi terhadap manajemen pengendalian persediaan bahan baku dengan mempertimbangkan penggunaan pengendalian persediaan yang optimal dan efisien berdasarkan metode perhitungan Economic Order Quantity.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persediaan Bahan Baku, Reorder Point (ROP), Safety Stock (SS), Total Inventory Cost (TIC), Economic Order Quantity (EOQ)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:24
Last Modified: 26 Jun 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30717

Actions (login required)

View Item View Item