PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN KEADILAN PROSEDURAL PADA BURNOUT DENGAN ETHICAL CLIMATE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan PT. Trans Marga Jateng)


Imadudin Hasrat Iskandar , 7311413171 (2017) PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN KEADILAN PROSEDURAL PADA BURNOUT DENGAN ETHICAL CLIMATE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan PT. Trans Marga Jateng). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya fenomena burnout, khususnya diprofesi pelayanan terhadap manusia. Burnout tampaknya menjadi respon terhadap stress interpersonal pada pekerjaan karyawan, di mana kelebihan atau terlalu sering berhubungan dengan orang lain dapat membuat perubahan pada sikap dan perilaku karyawan. Hubungan antara karyawan dengan pekerjaannya akan sangat penting apabila terjadi kesulitankesulitan yang dapat timbul ketika hubungan itu berjalan kacau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh keadilan distribuif dan keadilan prosedural pada burnout dengan ethical climate sebagai veriabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Trans Marga Jateng yang berjumlah 149 karyawan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Proportional Random Sampling, sampel yang didapat adalah 109 karyawan PT. Trans Marga Jateng. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan distributif dan keadilan prosedural berpengaruh negatif signifikan pada burnout dan berpengaruh positif signifikan pada ethical climate. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ethical climate berpengaruh negatif signifikan pada burnout. Selanjutnya, penelitian ini menemukan pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural pada burnout dapat dimediasi oleh ethical climate. Pada penelitian ini keadilan distributif dan keadilan prosedural dapat menurunkan tingkat burnout karyawan dan meningkatkan ethical climate karyawan di perusahaan. Selain itu ethical climate juga dapat menurunkan tingkat burnout karyawan. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menambah variabel baru yang dapat memediasi pengaruh keadilan distributif dan keadilan prosedural pada burnout dan menggunakan objek yang berbeda yaitu pada bidang perbankan, lembaga asuransi, bidang pelayanan terhadap manusia, dan bidang jasa sehingga dapat menggeneralisasi hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Ethical Climate, Burnout
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30713

Actions (login required)

View Item View Item