PENGARUH PERILAKU MENGGANGGU TERHADAP KINERJA MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI Studi pada Sales Smartphone (Promotor Smartphone) 3 merk smartphone terlaris di Surakarta.


Danang Tutur Wicaksono , 7311413164 (2017) PENGARUH PERILAKU MENGGANGGU TERHADAP KINERJA MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI Studi pada Sales Smartphone (Promotor Smartphone) 3 merk smartphone terlaris di Surakarta. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku mengganggu merupakan tindakan agresif yang disengaja, dilakukan berulang-ulang dan dari waktu ke waktu, dan terdapat ketidakseimbangan kekuasaan atau kekuatan. Bullying merupakan tindakan negatif ketika seseorang dengan sengaja menimbulkan atau mencoba untuk melukai atau membuat pada pihak lain merasakan ketidaknyamanan sehingga dapat menyebabkan menurunnya kinerja pada karyawan sebuah organisasi. Untuk mengurangi turunnya kinerja penelitian ini menggunakan variabel Kecerdasan emosi yang diharapkan bisa mengurangi dampak perilaku mengganggu .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh moderasi kecerdasan emosi pada hubungan antara perilaku mengganggu dan kinerja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 207 yaitu sales smartphone 3 merk terlaris di surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Menggunakan teknik Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 137 sales. Metodean alisis data menggunakan analisis analisis deskriptif, uji asumsi klasik, ujihi potesis, analisis regresi, dan uji residual. Analisis data menggunakan perangkatlunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku mengganggu berpengaruhn egatif pada kinerja. Selainitu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kecerdasan emosi berpengaruh positif pada kinerja. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan emosi dapat mengurangi dampak perilaku mengganggu pada kinerja. Simpulan dari penelitian ini yaitu kecerdasan emosi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja walaupun dengan adanya perilaku mengganggu yang tinggi. Dalam penelitian ini, kecerdasan emosi dapat memoderasi dan dapat mengurangi dampak negatif dari perilaku mengganggu. Saran bagi vendor smartphone yaitu gar dapat memberikan pelatihandan pengertian bagaimana cara mengendalikan emosi bagi para salesnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PerilakuMengganggu, KecerdasanEmosional, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30710

Actions (login required)

View Item View Item