PENGUJIAN DIMENSI KONSTRUK LITERASI KEUANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2014)


Setiawati , 7101413362 (2017) PENGUJIAN DIMENSI KONSTRUK LITERASI KEUANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413362.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (725kB) | Preview

Abstract

Banyak peneliti memiliki perbedaan dalam memakai konsep literasi keuangan. Perbedaan tersebut karena kurangnya model pembangun konsep untuk mengukur literasi keuangan. Literasi keuangan dimaknai oleh banyak orang sebagai sinonim dari pengetahuan keuangan dan pendidikan keuangan. Diperlukan penelitian yang membangun konsep literasi keuangan melalui modelmodel yang lebih bervariatif agar makna literasi keuangan tidak menjadi bias. Populasi mahasiswa Fakultas Ekonomi adalah 965. Sampel sebanyak 283 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang diambil dengan rumus Slovin dengan teknik propotional random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal dan kuesioner. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas. Untuk analisis data dan menguji modelnya menggunakan structural equational modeling atau SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konstruk literasi keuangan dapat dijelaskan oleh dimensi pengetahuan keuangan, dimensi sikap keuangan dan dimensi perilaku keuangan, (2) tidak terdapat pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa, (3) terdapat pengaruh signifikan sikap keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa, (4) terdapat hubungan timbal balik antara pengetahuan keuangan dan sikap keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi. Dapat disimpulkan model literasi keuangan yang sesuai menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap keuangan saling berkorelasi dan memiliki hubungan kausalitas dengan perilaku keuangan. Sedangkan pengetahuan keuangan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keuangan. Hanya sikap keuangan yang menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keuangan. Saran yang diberikan adalah hendaknya mahasiswa meningkatkan pengetahuan, dan perilaku keuangannya dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan atau menambah dimensi pembentuk konsep literasi keuangan seperti ketrampilan dalam mengelola keuangan. Many researchers have differences in interprenting the concept of financial literacy. This difference is due to the lack of conceptual model builders to measure financial literacy. Financial literacy is interprented by many as a synonym of financial knowledge and fianancial education. It takes research that builds the concept of fianacial literacy through more varied models so that the meaning of financial literacy is not biased. The students population of the Faculty of Economics is 965. The sample of 283 students of Economic Faculty of Semarang State University is taken with Slovin formula with propotional random sampling technique. Instrument of data collection in this research instrument using validity and reability test. Structural Equation Modeling (SEM) is used to analyze the data and test the model. The result showed that (1) the construction of financial literacy can be explained by the dimension of financial knowledge, dimension of financial attitude, and dimension of financial behavior, (2) there was no influence of financial knowledge to student’s financial behavior, (3) there was a significance influence of financial attitude toward students’s fianacial behavior, (4) there was a mutual relation between financial knowledge and financial attitude of student of Faculty of Economy. It can be concluded that appropriate model of financial literacy showed that knowledge and financial attitude are correlated and have causality relation with financial behavior. While financial knowledge has no significant effect on financial behavior. Financial attitudes only showed that significant influence on financial behavior. The suggestion for students should improve their knowledge and financial behavior, and for the further research to develop or increase the dimension of conceptualization in literacy such as skill in managing finance.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Structural Equation Modeling (SEM) Financial Literacy, Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Behavior, and Structural Equation Modeling (SEM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 11 Apr 2018 11:32
Last Modified: 11 Apr 2018 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30709

Actions (login required)

View Item View Item