PENGARUH SUMBER INFORMASI TERHADAP TRADING FREKUENSI DENGAN TIPE KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Akhmad Nuranyanto , 7311413151 (2017) PENGARUH SUMBER INFORMASI TERHADAP TRADING FREKUENSI DENGAN TIPE KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pengambilan keputusan investasi selain dipengaruhi oleh sumber informasi yang diperoleh, kepribadian investor dalam berinvestasi juga sangat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi seperti pemilihan saham dan keputusan perdagangan. Variabel psikologi dalam mempengaruhi interaksi pengumpulan informasi telah banyak dibahas dalam berbagai bidang ilmu, tetapi dalam konsep pengambilan keputusan keuangan, variabel psikologi investor masih sangat jarang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sumber informasi yaitu, nasihat keuangan, komunikasi verbal, dan media khusus terhadap trading frekuensi anggota Forum KSPM Kota Semarang dengan tipe kepribadian sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan Big Five Personality sebagai alat ukur tipe kepribadian dan melakukan survei kepada 134 investor anggota Forum KSPM Kota Semarang. Peneliti menggunakan analisis structural equation model dengan WarpPLS 3.0 untuk mengevaluasi hubungan antar variabel dan pengaruh moderasi pada kepribadian investor dengan sumber informasi dan trading frekuensi. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi temuan sebelumnya bahwa nasihat keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap frekuensi trading, komunikasi verbal berpengaruh positif signifikan terhadap frekuensi trading, sedangkan media khusus berpengaruh negatif signifikan terhadap frekuensi trading. Peneliti juga menenukan bahwa kepribadian investor memoderasi hubungan antara sumber informasi dengan trading frekuensi. Nasihat keuangan meningkatkan frekuensi trading pada investor dengan tipe kepribadian contiousness dan Agreeableness. Komunikasi verbal meningkatkan frekuensi trading pada investor dengan tipe kepribadian agreeableness, dan menurunkan intensitas trading pada investor conscientiousness. Sedangkan, media khusus meningkatkan frekuensi trading pada investor dengan tipe kepribadian neuroticism dan agreeableness, serta menurunkan intensitas perdagangan pada investor openness.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku keuangan, Kepribadian Lima besar, Sumber Informasi, Trading frekuensi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30708

Actions (login required)

View Item View Item