PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PADA PENUMPANG BRT TRANS SEMARANG


Khoim Maulana Hidayah , 7311413150 (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PADA PENUMPANG BRT TRANS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413150.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang memadai untuk mendukung mobilitasnya. BRT Trans Semarang merupakan salah satu sarana transportasi massal di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, Harga, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas penumpang BRT Trans Semarang melalui kepuasan penumpang. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti, maka penentuan jumlah sampel menggunakan metode rumus iterasi, jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 115 responden dengan teknik pengambilan sampel incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan path analisis dengan bantuan program statistik SPSS v20. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan, harga, dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas penumpang melalui kepuasan penumpang. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung pada masing-masing variabel yaitu kualitas pelayanan sebesar 0,314>0,188, harga sebesar 0,246>0,154 dan nilai pelanggan sebesar 0,261>190. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas penumpang BRT Trans Semarang melalui kepuasan penumpang. Saran dari penelitian ini hendaknya manajemen meningkatkan kualitas pelayanannya dengan memberikan pelayanan yang ramah dan petugas yang memiliki kemauan untuk membantu para penumpang, melakukan perbaikan dan perawatan shelter agar dapat memberikan keteduhan bagi penumpang serta menempatkan shelter pada lokasi yang strategis. Selain itu peremajaan, perawatan dan menjaga kebersihan armada juga diperlukan untuk memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas penumpang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Nilai Pelanggan, Loyalitas Penumpang, Kepuasan Penumpang
Subjects: UNSPECIFIED
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30707

Actions (login required)

View Item View Item