PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, GROWTH OPPORTUNITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016)


Nur Prastiyo , 7311413147 (2017) PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, GROWTH OPPORTUNITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan merupakan indikator bagaimana pasar menilai perusahaan secara keseluruhan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kebijakan hutang, growth opportunity, dan profitabilitas yang diproksikan dengan rasio ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity), dan NPM (Net Profit Margin) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 17 perusahaan dari seluruh perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian goodness of fit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan hutang yang diproksikan dengan DER (Debt Equity Ratio) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan growth opportunity yang diproksikan dengan MTBE (Market to Books Total Equity) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, ROE, dan NPM tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Simpulan dalam penelitian ini adalah kebijakan hutang berpengaruh negatif dan signifikan, growth opportunity berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, ROE, dan NPM berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan sektor yang berbeda untuk mengetahui apakah hasil yang sama akan diperoleh apabila menggunakan sektor yang berbeda ataukah hasil akan berubah mengikuti sektor yang diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Kebijakan Hutang. Growth Opportunity, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30706

Actions (login required)

View Item View Item