PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND IMAGE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Mobil Merek Nissan di Kota Semarang)


Ilham Ramadhan , 7311413143 (2017) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND IMAGE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI MINAT BELI (Studi pada Mobil Merek Nissan di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413143.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsumen yang memiliki minat yang besar pada suatu produk akan berakhir pada keputusan untuk membeli produk tersebut. Hal ini tentunya didukung dengan keunggulan Country of Origin, Brand Image yang baik, serta ulasan yang baik mengenai produk tersebut. Namun, beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa kelebihan Country of Origin, Brand Image yang baik, dan Electronic Word of Mouth yang positif tidak menimbulkan Minat Beli dan Keputusan Pembelian pada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Country of Origin, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen serta membuktikan peran mediasi dari variabel Minat Beli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik mobil bermerek Nissan di Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Incidental Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 101. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, observasi, dan studi literatur. Analisis data menggunakan path analysis, dan alat analisis adalah SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Country of Origin, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi < 0.05. Sedangkan untuk pengujian peran mediasi, ditemukan bahwa Minat Beli mampu memediasi pengaruh antara Brand Image dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Minat Beli ditemukan tidak mampu memediasi pengaruh antara Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah terbukti bahwa ketiga variabel bebas memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu Minat Beli mampu memediasi pengaruh Brand Image dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, tidak untuk Country of Origin. Saran bagi perusahaan adalah agar meningkatkan Brand Image di benak konsumen, salah satunya dengan cara mengadakan event-event sosial di lingkungan sekitar. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat mempertimbangkan variabel lain untuk menemukan peran mediasi yang lebih kuat antara Country of Origin dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Country of Origin, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item