PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM MELALUI STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Non-keuangan di BEI Periode 2011 – 2016)


Reknaningtyas , 7311413142 (2017) PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM MELALUI STRUKTUR MODAL (Studi pada Perusahaan Non-keuangan di BEI Periode 2011 – 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413142.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Memasuki perkembangan perekonomian yang semakin pesat sangat dibutuhkan kekuatan yang lebih besar untuk menghadapi persaingan bisnis. Pada dasarnya, tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan dan memaksimumkan kesejahteraan pemilik. Harga saham juga merupakan indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan. Namun, perusahaan tidak akan mampu mencapai tujuannya apabila tidak diikuti ketepatan dalam pengambilan keputusan pendanaan. Penggunaan utang yang berlebihan dapat menyebabkan naiknya tingkat risiko perusahaan. Hasil prediksi financial distress dapat dimanfaatkan oleh pihak manajemen sebagai pedoman dalam menentukan struktur modal dan juga oleh investor untuk melakukan analisis terhadap fundamental perusahaan sebelum melakukan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil prediksi financial distress terhadap harga saham secara langsung maupun melalui struktur modal. Secara teori, informasi financial distress dapat digunakan dalam penentuan struktur modal dan juga untuk analisis fundamental sebelum investor melakukan investasi. Perusahaan bukan keuangan di BEI menjadi objek penelitian yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distressi yang diprediksi menggunakan model Altman berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan model Springate tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Selain itu, hasil regresi juga menunjukkan struktur modal tidak berpengaruh terhadap harga saham. Prediksi financial distress, baik yang menggunakan model Altman maupun model Springate, menunjukkan hasil yang sama, yaitu tidak berpengaruh terhadap harga saham secara langsung dan tidak langsung. Hasil tersebut ditunjukkan oleh signifikansi setiap variabel dalam analisis jalur dan juga uji sobel untuk pengaruh mediasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa informasi financial distress tidak mendasari setiap keputusan yang diambil oleh pihak yang berkepentingan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk melakukan pembaharuan-pembaharuan, salah satunya dengan melakukan perbandingan antar sektor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Altman Z-score, Financial Distress, Harga Saham, Springate, Struktur Modal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30703

Actions (login required)

View Item View Item