PENGARUH KOMUNIKASI, DISIPLIN KERJA PEGAWAI, DAN PERALATAN KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN, DAN OLAHRAGA KABUPATEN SEMARANG
Anisah Eva Fauziah , 7101413360 (2017) PENGARUH KOMUNIKASI, DISIPLIN KERJA PEGAWAI, DAN PERALATAN KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN, DAN OLAHRAGA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (703kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan merupakan kegiatan paling penting dalam organisasi atau instansi yang bergerak di bidang jasa. Pelayanan yang diberikan harus sesuai dengan yang diinginkan pelanggan atau pengguna layanan agar terciptanya rasa kepuasan dan tumbuhnya kepercayaan pengguna layanan terhadap organisasi yang memberikan pelayanan tersebut. Pelayanan yang di berikan saat ini belum memenuhi harapan pengguna layanan, masih terdapat keluhan-keluhan dari pengguna layanan seperti, prosedur pelayanan yang lama, tempat duduk yang kurang memadai, dan masih terdapat pegawai yang kurang ramah dalam melayani pengunjung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi, disiplin kerja pegawai, dan peralatan kantor terhadap kualitas pelayanan di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 115 pengunjung. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS For Windows Release 19. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda dengan persamaan Y = 8,107 + 0,532X1 + 0,195X2 + 0,324X3 + e. Secara parsial (uji t) Komunikasi diperoleh thitung = 4,412 dengan signifikansi 0,000 sehingga H2 diterima. Disiplin kerja pegawai diperoleh thitung = 1,998 dengan signifikansi 0,048 sehingga H3 diterima. Peralatan kantor thitung = 2,948 dengan signifikansi 0,004 sehingga H4 diterima. Koefisien Determinasi (R2) komunikasi, disiplin kerja pegawai, dan peralatan kantor berpengaruh terhadap kualitas pelayanan sebesar 32,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara positif dan signifikan antara komunikasi, disiplin kerja pegawai, dan peralatan kantor terhadap kualitas pelayanan di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Semarang. Saran dari penelitian ini adalah; 1) memberikan perhatian khusus pada penggunaan layanan yang melalui telepon, 2) pegawai harus lebih teliti dalam mengerjakan tugas, 3) memerhatikan kebersihan dan kerapihan kantor. Service is the most important activity in organizations or agencies engaged in services. Services provider should be in accordance with the desired customer or service users to create a sense of satisfaction and the growth of trust service users to organizations that provide these services. Services provider is not good as the expectations of service users, there were still complaints from service users such as, old service procedures, insufficient seating, and there were still less friendly employees in serving visitors. The purpose of this study is to determine whether there was influence of communication, employee discipline, and office equipment on Service Quality at the Education, Culture, Youth and Sports Office of Semarang Regency. This research used quantitative method. The sample in this study is the community of service users in the Department of Education, Culture, Youth and Sports Semarang regency as many as 115 visitors. Data collection methods were questionnaire method. Data analysis techniques used descriptive analysis, classical assumption test and hypothesis test with the help of SPSS For Windows Release 19. The results obtained by multiple linear regression equation with the equation Y = 8.107 + 0.532X1 + 0.195X2 + 0.324X3 + e. Partially (t test) Communication obtained thitung = 4,412 with significance 0,000 so H2 accepted. Employee work discipline obtained t count = 1.998 with significance of 0.048 so that H3 accepted. Office equipment thitung = 2,948 with significance 0,004 so H4 accepted. Coefficient of Determination (R2) communication, work discipline employees, and office equipment affect the quality of service amounted to 32.7%. The conclusion is the study gave positive and significant influence between communication, work discipline of employees, and office equipment on service quality in Education Office, Culture, Youth, and Sport of Semarang Regency. Suggestions from this research were; 1) pay special attention to the use of telephone services, 2) the employees must be more careful while doing a job, 3) pay attention to the cleanliness and tidiness of the office.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Disiplin, Peralatan Kantor, Kualitas Pelayanan. Communication, Discipline, Office Equipment, Service Quality. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 15:03 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 15:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30702 |
Actions (login required)
View Item |