PENGARUH KONTROL DIRI, HARGA DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2015


Chodryna Latifun Nisa , 7101413359 (2017) PENGARUH KONTROL DIRI, HARGA DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413359.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (976kB) | Preview

Abstract

Pengaruh konsumtif belanja online mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa adalah kontrol diri, harga diri dan lingkungan teman sebaya. Masalah dalam penelitian ini berdasarkan penelitian awal menunjukkan hasil bahwa perilaku konsumtif belanja online Mahasiswa cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontrol diri, harga diri dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif belanja online mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 389 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 197 mahasiswa dihitung dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa kontrol diri, harga diri dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif belanja online (27,9%). Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Pada kontrol diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif belanja online (8,07%), harga diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif belanja online ( 7,45%), sedangkan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif belanja online (13,54%). Simpulan penelitian ini bahwa kontrol diri, harga diri dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif belanja online mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Saran yang dapat diberikan adalah diharapkan mahasiswa lebih mampu mengurangi perilaku konsumtif belanja online. Mahasiswa diharapkan mampu bergaul dengan teman sebaya yang sekiranya dapat memberi pengaruh positif untuk dirinya. Students' online shopping consumtive behaviours are influenced by a number of both internal and external factors. In this study assumed factors which influence students' consumtive behaviors are self control, self esteem and peer environment. The research problem based on the early research shows a result that students' online shopping consumtive behaviours are quite high. The purpose of this research is to know the influence of self control, self esteem and peer environment toward online shopping consumtive behaviours of economics education students of State University of Semarang class 2015. The subject of this study is the students majoring in economics education of State University of Semarang class 2015. The population of this research is 389 students. The number of samples in this research is 197 students calculated using the slovin formula with 5% level of error. This research uses question form or questionnaire as the data collecting method. Data analysis method used is descriptive analysis and multiple linear regression. The results show that self control, self esteem and peer environment simultaneously affect the online shopping consumtive behaviours (27.9%). In details, self control affects (8.07%), self esteem affects (7.45%), while peer environment affects (13.54%).The influence also partially obtained in each independent variable towards dependent variable. Therefore, this research concludes that self control, self esteem and peer environment have some influences on the online shopping consumtive behaviours of the Economics Education students of Economics Faculty of State University of Semarang Class 2015. The researcher advises that the students can be expected to reduce their online shopping consumtive behaviours. Students are expected to get along with peers that gives positive influence to them.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Harga Diri, Lingkungan Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif Belanja Online. self control, self-esteem, peer environment, online shopping consumtive behaviours.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 10 Apr 2018 14:46
Last Modified: 10 Apr 2018 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30701

Actions (login required)

View Item View Item