PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU LEGENDA SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA GUCI KABUPATEN TEGAL


Wildan Bagus Hidayat , 2411410024 (2017) PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU LEGENDA SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA GUCI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411410024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (834kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan tempat dan alam yang indah, serta kaya akan seni budayanya. Daya tarik wisatawan yang diminati antara lain tempat yang indah dan memiliki cerita asal mula adanya tempat wisata itu. Semakin banyak wisatawan yang datang, maka akan meningkatkan pembangunan tempat objek wisata. Objek wisata Guci adalah tempat wisata yang berkembang di kota Tegal. Guci merupakan objek wisata yang berada di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Melalui cerita legenda objek wisata Guci yang menarik diharapakan menghidupkan dan mempopulerkan cerita legenda objek wisata Guci. Alasan pemilihan media buku tersebut sebagai sarana media promosi dengan ilustrasi legenda, karena didalamnya terdapat unsur visual gambar ilustrasi dan teks cerita legenda guci, sehingga efektif dalam menyampaikan sebuah pesan kepada target audience.Penggunaan software desain memiliki kelebihan masing-masing, Adobe photoshop c6 digunakan untuk proses pewarnaan dengan tool tambahan berupa graphic pen atau pen tablet jenis Wacom Pen and Touch small. Software CorelDRAW x5 digunakan dalam proses layouting sebelum ilustrasi legenda guci Berdasarkan pemikiran itu, media promosi dibuat dalam buku gambar ilustrasi legenda, kaos (T-Shirt), mug, dan gantungan kunci. Teknik computerized dengan pewarnaan digital painting karena output dari ilustrasi legenda guci yang bersifat digital. Sehingga dengan menggunakan teknik digital painting tidak mengurangi kualitas warna pada ilustrasi karena teknik digital painting menggunakan mode warna RGB yang merupakan standart untuk mode warna berbasis digital. Buku ilustrasi legenda yang dibuat ini berjudul Legenda Guci Kabupaten Tegal, berukuran A5, serta total tampilan lengkap 47 isi halaman yang masingmasing berukuran A5 yaitu dengan panjang dan lebar 21cm x 14,5cm. Buku gambar ilustrasi legenda ini dibuat 2 dengan sampul model hardcover dan softcover menggunakan kertas Ivory 260, sedangkan halaman-halaman dalamnya menggunakan kertas CTS 190. Tahapan proses berkarya dimulai dari, 1. Pencarian ide, 2. Mencari refrensi dan materi gambar, 3. Penetapan tujuan karya perancangan media promosi dengan ilustrasi gambar cerita wisata Guci Kabupaten Tegal, 4. Pengumpulan data. Pada tahap produksi 1. Penggambaran ilustrasi, 2. Pembuatan ilustrasi,3. Mengatur tata letak,4.Sharing dan preview karya, 5. Print dan dummy. Gambar yang telah diolah di komputer dapat ditampilkan pada 1. Desain kaos atau T-shirt, 2. Mug, 3. Gantungan kunci.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perancangan, promosi, Ilustrasi, Digital painting, cerita legenda, Wisata Guci Kabupaten Tegal.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Apr 2018 12:18
Last Modified: 10 Apr 2018 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item View Item