PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LITTLE SCIENTIST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK


Fairuza Itsara Azzahra , 2411314026 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LITTLE SCIENTIST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411314026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (502kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada anak. Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu mata pelajaran yang ada pada bangku Sekolah Dasar. Banyak anak yang merasa jenuh dan sulit untuk memahami Ilmu Pengetahuan Alam yang diajarkan di dalam kelas dengan media yang tidak interaktif maka, dibutuhkannya inovasi media pembelajaran baru dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang bernama“Little Scientist”. Little Scientist merupakan media pembelajaran interaktif yang dibuat sebagai media alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk anak yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar maupun orang tua. Ilmu Pengetahuan Alam memiliki banyak sekali jenis dan materi, pada media pembelajaran Little Scientist ini memilih subjek Fisika yang berisi antara lain : Ukuran, Gaya dan Energi yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam perancangan multimedia interaktif ini melalui beberapa tahap berkarya dengan urutan : design treatment (penentuan ide, analisis target audience, perancangan karakter, menentukan user interface, tone and manner, tipogafi) , visual develompment (pembuatan logo, visualisasi karakter, eye flow, visualisasi user interface, pembuatan musik), programming phase (flowchart, application map, navigasi dan coding), dan testing phase. Tugas akhir ini telah menghasilkan produk media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Fisika berupa multimedia interaktif, merchandise, animasi, musik dan website untuk dipergunakan sebagai media pembelajaran alternatif untuk yang menarik. Hasil dari testing phase adalah 8 dari 10 anak merespon degan sangat baik multimedia yang dibuat, respon baik dari orang tua dan tenaga pengajar. Karakter pada multimedia Little Scientist ini juga mudah untuk dikenali oleh target audience. Sehingga dapat dikatakan multimedia Little Scientist ini dapat dikatakan berhasil dalam produk multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Ilmu Pengetahuan Alam, Media Pembelajaran, Fisika, Sekolah Dasar.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Apr 2018 11:51
Last Modified: 10 Apr 2018 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30690

Actions (login required)

View Item View Item