PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 2 SALATIGA


Istiqomah , 7101413353 (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413353.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (699kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar merupakan proses belajar yang dilakukan atas inisiatif dan dorongan internal dari individu tanpa bergantung pada orang lain serta memiliki tanggung jawab sendiri. Kemandirian belajar sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar, perhatian orang tua dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemandirian belajar siswa secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK PGRI 2 Salatiga sebanyak 67 siswa, penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar, perhatian orang tua, kompetensi pedagogik guru dan kemandirian belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda, analisis uji asumsi klasik dan analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 2,635 + 0,362MB + 0,357PO + 0,155KP + e. Secara simultan motivasi belajar, perhatian orang tua dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar sebesar 47%. Sedangkan secara parsial untuk motivasi belajar berpengaruh sebesar 14,98%, perhatian orang tua berpengaruh sebesar 6,70% dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh sebesar 10,11%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh motivasi belajar, perhatian orang tua dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemandirian belajar siswa secara simultan maupun parsial. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi siswa agar fokus pada pelajaran dan tidak mengganggu teman lain pada saat proses belajar mengajar. Bagi orang tua untuk lebih perhatian terhadap anak seperti menanyakan nilai serta mengingatkan dan memperhatikan belajar anak saat dirumah. Dan bagi guru, harus menyiapakan program pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu memberitahu siswa buku pedoman yang digunakan serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Learning independence is a learning process done on the initiative and internal drive of the individual without relying on others and having their own responsibility. Learning independence is indispensable in teaching and learning both at school and at home. The purpose of this study is to determine the influences of learning motivation, parental attention and pedagogic competence of teacher to students learning independent simultaneously or partially. The population in this study was 67 students of class X competency skills Office Adminstration Department at Vocational High School PGRI 2 Salatiga. This study used saturated samples, that is all the population was sample. The variables were learning motivation, parental attention, pedagogic competence of teacher and students learning independent. Data collection used questionnaire and documentation. Data was analyzed by using descriptive analysis percentages, multiple regression analysis, classic assumption test analysis and hypothesis testing analysis with SPSS. The results showed that the analysis of multiple linear regression it is obtained: Y = 2,635 + 0,362LM + 0,357PA + 0,155PC + e. Simultaneously, learning motivation, parental attention and pedagogic competence of teacher give significant positive effect to the learning independent by 47%. While partially, learning motivation influences by 14,98%, parental attention influences by 6,70% and pedagogic competence of teacher influences by 10,11%. Finally, it can be concluded that there are significants influences of learning motivation, parental attention and pedagogic competence on students learning independent simultaneously or partially. It is suggested to students to focus on the lesson and do not disturb other friends during the teaching and learning process. Parents should pay more attention to children such as asking the value and remind and pay attention to learn the child at home. Teachers must prepare learning programs to be implemented, that is to say the student handbook used and varied teaching methods so that students are not saturated in the following study.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Kompetensi Pedagogik Guru dan Kemandirian Belajar. Learning Motivation, Parental Attention, Pedagogic Competence of Teacher and Learning Independent.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 10 Apr 2018 12:19
Last Modified: 10 Apr 2018 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30688

Actions (login required)

View Item View Item