PENGARUH KOMITMEN ANGGOTA DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nadya Habibarachma , 7101413352 (2017) PENGARUH KOMITMEN ANGGOTA DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413352.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara komitmen anggota dan customer relationship management terhadap loyalitas anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 580 anggota, kemudian diambil sampel dengan teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 86 anggota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil persamaan regresi dapat dilihat dari uji Fhitung = 60,700 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 1,394 + 0,299X1 + 0,361X2. Besarnya pengaruh secara simultan antara komitmen anggota dan Customer Relationship Management yaitu 58,4%. Variabel komitmen anggota berpengaruh terhadap loyalitas anggota secara parsial sebesar 5,85% dan variabel Customer Relationship Management berpengaruh terhadap loyalitas anggota secara parsial sebesar 8,12%. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh antara komitmen anggota dan customer relationship management terhadap loyalitas anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang baik secara parsial maupun simultan. Saran dari penelitian ini adalah 1) lebih meningkatkan lagi faktor faktor yang mendukung komitmen anggota, 2) pengurus lebih meningkatkan hubungan dengan anggota koperasi seperti mengadakan kegiatan yang menarik untuk anggota, pengurus yang lebih ramah kepada anggota, lebih tanggap akan keluhan-keluhan anggota dan lain sebagainya, 3) untuk peneliti lain disarankan agar melakukan penelitian tentang komitmen dan customer relationship management dengan pendekatan atau indikator lain selain yang digunakan pada penelitian ini sehingga menghasilkan kesimpulan yang lebih beragam. The purpose of this research is to know whether there is influence between member commitment and Customer Relationship Management towards membe;sr loyalty either partially or simultaneously. Population in this research is the members of student cooperative of Semarang State University which amount 580 members, then taken sample with simple random sampling technique with sample amounted to 86 members. Data collection methods were used are observation and questionnaires. Data analysis techniques were used are descriptive analysis percentages, classical assumptions and multiple linear regression analysis. The result of regression equation can be seen from F test value which is 60,700 with the probability equal to 0,000 <0,05 so the equation of multiple linear regression analysis is Y = 1,394 + 0,299X1 + 0,361X2. The influence simultaneously between member’s commitment and Customer Relationship Management is 58,4%. Variable of member’s commitment influence towards member’s loyalty partially is 5,85% and variable of Customer Relationship Management influence towards member’s loyality partially is 8,12%. The results of this research can be concluded that there is influence between member commitment and customer relationship management to the loyalty of members of the Student Cooperative of Semarang State University partially and simultaneously. The suggestions from this research are 1) increase factors that support the commitment of members, 2) improve the relationship with members of student cooperatives such as conducting interesting activities for members, managers who are more friendly to members, more responsive to the complaints of members and others 3) for other researchers it is advisable to conduct research on commitment and customer relationship management with other approaches or indicators other than those used in this study resulting in more diverse conclusions.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen, Customer Relationship Management, Loyalitas, Koperasi. Commitment, Customer Relationship Management, Loyalty, Cooperative.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 10 Apr 2018 11:39
Last Modified: 10 Apr 2018 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

View Item View Item