PENGARUH BURNOUT PADA KEPUASAN HIDUP DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Bank BPD Kantor Pusat Bank Jateng)


Septiana Heryawati , 7311413139 (2017) PENGARUH BURNOUT PADA KEPUASAN HIDUP DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Bank BPD Kantor Pusat Bank Jateng). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413139.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan hidup merupakan sebuah konsep yang global dan mengacu pada berbagai aspek kehidupan yang dimiliki oleh individu dan sesuatu yang penting dalam kehidupan individu. Kepuasan hidup merujuk pada sejauh mana individu berpuas hati dengan apa yang diperolehnya saat ini, aspeknya diukur secara kognitif oleh individu terhadap dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh burnout pada kepuasan hidup dengan dukungan sosial sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank BPD Kantor Pusat Bank Jateng. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 104 karyawan yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda dan analysis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang negatif signifikan burnout pada dukungan sosial. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan dukungan sosial pada kepuasan hidup. Sedangkan burnout menunjukkan hasil yang negatif dan signifikan pada kepuasan hidup. Dukungan sosial terbukti memediasi hubungan burnout pada kepuasan hidup, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung pengaruh tidak langsung -6,125 ˃ t tabel (-1.660). Kesimpulan dari penelitian ini adalah burnout berperan penting untuk mengukur kepuasan hidup karyawan Bank BPD Kantor Pusat Bank Jateng. Hal ini menunjukkan bahwa, untuk meningkatkan kepuasan hidup karyawan, Bank BPD Kantor Pusat Bank Jateng harus dapat meminimalkan kelelahan emosional, synisme, dan prestasi pribadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Burnout, Dukungan Sosial, Kepuasan Hidup
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item