PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMUNIKASI ORGANISASI PADA SEMANGAT KERJA PERAWAT RSUD Dr.SOEDIRMAN KEBUMEN


Jeffry Alfiansyah , 7311413136 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMUNIKASI ORGANISASI PADA SEMANGAT KERJA PERAWAT RSUD Dr.SOEDIRMAN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413136.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (960kB) | Preview

Abstract

RSUD Dr. Soedirman Kebumen merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah Kebumen yang memiliki kemajuan pesat selama tiga tahun terakhir terutama pada infrastuktur dan pengadaan peralatan medis. Sebagai rumah sakit pemerintah daerah diharapkan menjadi sarana utama yang menyokong kesehatan rakyat daerah kebumen melalui pelayanan maksimal yang diberikan pada masyarakat. Dari survei awal diketahui bahwa masih terdapat kelemahan pada semangat kerja perawat yang ditandai dengan tingginya angka ketidakhadiran dan keterlambatan perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja, komunikasi organisasi pada semangat kerja perawat RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga keperawatan yang ada di rumah sakit RSUD Dr. Soedirman Kebumen yang memiliki jumlah sebesar 252. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling, jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 72 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi dengan bantuan program statistik SPSS v21. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan, lingkungan kerja, komunikasi organisasi berpengaruh positif pada semangat kerja. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan nilai sig < 0,05, yaitu kepemimpinan 0,009 < 0,05, lingkungan kerja 0,012 < 0,05 dan komunikasi organisasi 0,001 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif kepemimpinan, lingkungan kerja, komunikasi organisasi pada semangat kerja perawat RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Saran dari penelitian ini hendaknya manajemen meningkatkan kerjasama tim sesama perawat dengan mengadakan kegiatan outdoor yang sifatnya meningkatkan keharmonisan antar perawat. Selain itu, untuk penelitian mendatang, disarankan menambah variasi variabel penelitian untuk meningkatkan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Semangat Kerja, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Komunikasi Organisasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:23
Last Modified: 26 Jun 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30684

Actions (login required)

View Item View Item