PENGARUH GAYA HIDUP, KEPRIBADIAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Konsumen Sepeda Motor Kawasaki di Kabupaten Kudus)


Refi Mahardika , 7311413135 (2017) PENGARUH GAYA HIDUP, KEPRIBADIAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Konsumen Sepeda Motor Kawasaki di Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413135.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (537kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka memenuhi kebutuhan gaya hidup dan kepribadian konsumen, Kawasaki telah menggunakan strategi generik terfokus dengan hanya memasarkan sepeda motor berjenis sport. Kualitas produk juga menjadi fokus utama perusahaan untuk menciptakan kepuasan konsumen. Pada kenyataannya, upaya tersebut belum mampu mengantarkan Dealer Kawasaki Regional Kudus meraih keunggulan bersaing dilihat dari data penjualan yang mengalami fluktuasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh gaya hidup, kepribadian, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki di Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan pasti, sehingga dengan menggunakan metode iterasi diperoleh sampel sebanyak 125 responden melalui teknik pengambilan sampel yaitu insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Metode analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS version 23.0. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh signfikan variabel gaya hidup dan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen secara parsial, sedangkan kepribadian dan kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji analisis jalur menunjukkan bahwa gaya hidup dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian, sedangkan variabel kepribadian tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian. Simpulan penelitian ini adalah keputusan pembelian dapat berperan menjadi mediator variabel gaya hidup dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, sedangkan keputusan pembelian tidak mampu memediasi variabel kepribadian terhadap kepuasan konsumen. Saran dari penelitian ini adalah pihak manajemen perlu membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, promosi yang masif mengenai product knowledge, melakukan quality control, peningkatan inovasi disegala lini, dan menawarkan program pembayaran yang menarik untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel pada penelitian ini untuk menguji objek lain dengan karakteristik yang sama, menambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, serta menggunakan pengujian hipotesis yang berbeda seperti SEM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Kepribadian, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:22
Last Modified: 26 Jun 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30683

Actions (login required)

View Item View Item