PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN HUTANG, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN CASH POSITION TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index dan Bursa Malaysia Hijrah Syariah Index Periode 2011-2015)


Titin Indah Lestari , 7311413133 (2017) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN HUTANG, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN CASH POSITION TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index dan Bursa Malaysia Hijrah Syariah Index Periode 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413133.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (721kB) | Preview

Abstract

Para pemegang saham umumnya menginginkan pembagian dividen yang relatif stabil, karena akan menambah kepercayaan para investor untuk tetap menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan hutang, investment opportunity set, dan cash position terhadap kebijakan dividen di Jakarta Islamic Index (JII) untuk Indonesia dan Bursa Malaysia Hijrah Syariah Index (BMHSI) untuk Malaysia. Periode pengamatan dalam penelitian ini yaitu pada tahun 2011-2015. Sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder dan teknik analisis data menggunakan program Eviews 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan manajerial mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan JII maupun BMHSI. Kemudian kepemilikan institusional mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan JII, sedangkan pada perusahaan BMHSI mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan. Selanjutnya kebijakan hutang mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen di perusahaan JII sedangkan di BMHSI positif dan signifikan. Investment opportunity set mempunyai pengaruh yang negatif dan tidak signifikan pada perusahaan di JII dan mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan pada perusahaan BMHSI. Cash position mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan pada perusahaan di JII, sedangkan pada perusahaan BMHSI mempunyai pengaruh negatif dan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di JII yaitu kepemilikan institusional, sedangkan pada perusahaan yang terdaftar di BMHSI yaitu investment opportunity set. Berdasarkan hasil penelitian ini saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian serupa namun dengan variabel yang berbeda, mengingat pada variabel kepemilikan manajerial, data yang ada di laporan keuangan perusahaan di Indonesia sangatlah terbatas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Manajerial dan Institusional, Kebijakan Hutang, Investment Opportunity Set, Cash Position, Kebijakan Dividen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:22
Last Modified: 26 Jun 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item View Item