PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT PADA KOMITMEN AFEKTIF YANG DIMEDIASI OLEH NILAI-NILAI KOLEKTIF (Studi pada Karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Jawa Tengah)


ISTIANATUN NI’MAH , 7311413128 (2017) PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT PADA KOMITMEN AFEKTIF YANG DIMEDIASI OLEH NILAI-NILAI KOLEKTIF (Studi pada Karyawan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Stasiun Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Person-Organization fit (P-O fit) merupakan sesuatu yang diharapkan oleh individu maupun organisasi untuk menciptakan kenyamanan dalam bekerja. Tingkat P-O fit yang dimiliki karyawan dapat berpengaruh pada sikap kerja karyawan, terlebih dalam menjalin hubungan dan kerjasama dengan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan secara kelompok. Harmonisme dalam kelompok tersebut yang pada akhirnya akan mempengaruhi komitmen afektif karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Person-Organization fit pada komitmen afektif melalui peran mediasi nilai-nilai kolektif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI stasiun Jawa Tengah yang berstatus karyawan tetap dan bekerja di kantor pusat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel sebanyak 122 karyawan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur, dan uji sobel. Analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Person-Organization fit berpengaruh positif signifikan pada nilai-nilai kolektif dan komitmen afektif. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai-nilai kolektif berpengaruh positif signifikan pada komitmen afektif. Selanjutnya, penelitian ini menemukan pengaruh Person-Organization fit pada komitmen afektif dapat dimediasi oleh nilai-nilai kolektif. Simpulan dari penelitian ini yaitu Person-Organization fit yang dimiliki karyawan cenderung meningkatkan komitmen afektif jika karyawan LPP TVRI stasiun Jawa Tengah memiliki nilai-nilai kolektif. Karyawan yang memiliki kesesuaian dengan organisasi dapat dengan mudah memiliki kesesuaian juga dengan rekan kerjanya. Hal tersebut dapat mendorong karyawan untuk memiliki nilai-nilai kolektif, sehingga karyawan akan merasa memiliki organisasi dan dapat meningkatkan komitmen afektifnya. Saran bagi LPP TVRI stasiun Jawa Tengah yaitu untuk meningkatkan komitmen afektif karyawan maka manajemen LPP TVRI stasiun Jawa Tengah harus meningkatkan person-organization fit dan juga nilai-nilai kolektif karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Afektif, Nilai-Nilai Kolektif, Person-Organization Fit
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:22
Last Modified: 26 Jun 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item View Item