PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN SE-KECAMATAN GUNUNGPATI
MOCHAMAD ANDI SEPTIONO , 7101413344 (2017) PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN SE-KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (791kB) | Preview |
Abstract
Kualitas pelayanan pada suatu organisasi atau lembaga yang diberikan oleh pegawai merupakan cerminan dari sikap pegawai terhadap pengunjung. Kualitas layanan apabila dikelola dengan tepat akan berkontribusi positif terhadap terwujudnya kepuasan dan loyalitas masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor yang tersedia di Kantor Kelurahan se-Kecamatan Gunungpati. Berdasarkan hasil observasi awal, ada indikator bahwa kualitas pelayanan di kantor Kelurahan se-Kecamatan Gunungpati belum optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin kerja pegawai, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung kelurahan se-kecamatan Gunungpati tahun 2017 yaitu sebanyak 10.737 jiwa, kemudian diambil sampel berjumlah 116 pengunjung yang didapat dari rumus iterasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 10,304 + 0,267 X1+ 0,280 X2+ 0,297 X3. Secara parsial (Uji t) variabel disiplin kerja diperoleh signifikansi 0,014, sehingga H1 dinyatakan diterima. Variabel kompetensi pegawai diperoleh signifikansi 0,000, sehingga H2 dinyatakan diterima dan variabel fasilitas kantor diperoleh signifikansi 0,004, sehingga H3 dinyatakan diterima. Uji F menunjukkan bahwa signifikansi 0,000, sehingga H4 diterima koefisien determinasi simultan (R2) antara disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan sebesar 0,351 atau 35,1%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kelurahan se-Kecamatan Gunungpati. Saran dari penelitian ini adalah Pihak instansi kelurahan hendaknya mengadakan pelatihan komputer kepada pegawai yang belum bisa. Hendaknya perlu dilakukan pengawasan oleh pimpinan agar pegawai lebih optimal dalam melayani pengunjung. Hendaknya pihak kantor kelurahan melengkapi fasilitas sosial yang memadai seperti nomor antrian pengunjung, tempat Ibadah, dan ruang tunggu pengunjung. The quality of a service in the organization is a reflection from the employee’s behaviour to their customers. Once the maintenance of this quality is going well, it will give positive contribution on citizen’s loyalty and satisfaction level. The quality itself affected by several factors such as working discipline, worker’s competency and office facility. Based on intial observation, there was an indication that service quality in Gunungpati sub-district is not optimal. The aim of this study is to determine the presence of worker’s discipline, worker’s competency and office facilities towards service quality of government office in Gunungpati sub district. Population in this study was whole citizens who have visited Gunungpati sub-district office, that is 10.737 people, and then 116 people were analyzed as sample using iteration method. The data collection method used questionnaire, interview and documentation. Data analysis technique used descriptive analysis percentage, classical assumption and multiple linear regression analysis using IBM SPSS 21. The result showed from multiple linear regression come the equation of Y = 10,304 + 0,267 X1+ 0,280 X2+ 0,297 X3. Partially (T-test), working discipline shows 0,014 significance which means H1 accepted. While worker’s competency shows 0,000 significance that means H2 accepted and H3 also accepted with office facility variable showed 0,004 significance. Using F-test for H4 showed 0,000 significance, so that H4 received simultaneous determination coefficient (R2) between working discipline, employee competence and office facility to service quality equal to 0,351 or 35,1%. Finally, it can be concluded that there are correlations among working discipline, employee competence and office facility towards service quality in the Gunungpati sub-district area. It is suggested to Government should provide necessary training for employees in the urban village office. Supervision from the top leaders also necessary to optimize the service quality. Social facility for all citizens who visit the office also should be well equipped, for instance queue numbers, prayer room and decent waiting room.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Kompetensi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan Discipline, Competency, facility, Service Quality |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 14:13 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 14:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30676 |
Actions (login required)
View Item |