ISM AL-MA’RIFAH (NOMINA DEFINIT) DALAM BUKU TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH LIGHAIR AL-‘ARAB (ANALISIS SINTAKSIS)


Lailatuz Zahroh , 2303413050 (2017) ISM AL-MA’RIFAH (NOMINA DEFINIT) DALAM BUKU TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH LIGHAIR AL-‘ARAB (ANALISIS SINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembahasan sintaksis sangat luas, salah satunya yaitu mengenai Ism AlMa’rifah (nomina definit). Ism Al-ma’rifah (Nomina Definit) adalah ism yang menunjukkan suatu makna tertentu. Dalam meneliti Ism Al-ma’rifah ini, peneliti memilih buku Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab. Karena banyak dijumpai berbagai macam Ism Al-Ma’rifah sehingga dapat dianalisis untuk menyempurnakan pemahaman kita terhadap buku tersebut dan untuk meningkatkan pengembangan pembelajaran ilmu gramatika khususnya tentang ism al-ma’rifah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Apa Jenis Ism AlMa’rifah (Nomina Definit)dalam buku Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab (2) Apa fungsi sintaksis Ism Al-Ma’rifah (Nomina Definit)dalam buku Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab (3) Apa penanda gramatikal (desinens) Ism Al-Ma’rifah (Nomina Definit) dalam buku Ta’lîm Al-Lughah Al‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa ism Al-ma’rifah (Nomina Definit) dengan sumber data buku Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode distribusional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada buku Ta’lîm Al-Lughah Al‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab terdapat sekitar 10.569 data ism Al-ma’rifah (Nomina Definit). Peneliti mengambil 100 data sampel dengan teknik purposive sampling. (1) Jenis ism Al-ma’rifah (Nomina Definit) terdiri atas 9 data ism ‘alam, 18 data ism dlamîr, 9 data ism al-isyârah, 7 data jenis ism al-maushûl, 31 data jenis ism yang dima’rifatkan dengan ْ ﻝَﺃ, 25 data jenis ism yang dimudlafkan pada ism alma’rifah, dan 1 data berupa ism yang dima’rifatkan dengan nidâ׳ .(2) Fungsi ism Al-ma’rifah (Nomina Definit) terdiri atas 47 data berkasus Nominatif (raf’), 28 data berkasus akusatif (nashb), 25 data berkasus genetif (jarr). (3) Penanda gramatikal pada ism Al-ma’rifah (Nomina Definit) terdiri atas 65 data berupa mu’rab dan 35 data berupa mabni. Sebanyak 65 data ism al-ma’rifah (Nomina Definit) yang berupa mu’rab terdiri atas 21 data ditandai dengan dlammah, 21 data ditandai dengan fatẖah, 18 data ditandai dengan kasrah, 1 data ditandai dengan wawu, 1 data ditandai dengan alif, dan 3 data ditandai dengan yâ. ׳ Sedangkan sebanyak 35 data ism al-ma’rifah (Nomina Definit) yang berupa mabni terdiri atas 5 data yang termasuk mabni dlammah, 10 data termasuk mabni fatẖah, 3 data termasuk mabni kasrah, dan 17 data termasuk mabni sukûn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sintaksis, Ism Al-Ma’rifah (nomina definit), Buku Ta’lîm al-Lughah Al- ‘Arabiyyah Lighair Al-‘Arab.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:26
Last Modified: 09 Apr 2018 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item