PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BAHASA ARAB (AR-CERIYA) BERBASIS CERITA RAKYAT DI KABUPATEN DEMAK UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH


Muhimmatul Husna , 2303413047 (2017) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BAHASA ARAB (AR-CERIYA) BERBASIS CERITA RAKYAT DI KABUPATEN DEMAK UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (326kB) | Preview

Abstract

Kelestarian cerita rakyat perlu dijaga agar tidak punah tergerus zaman. Cerita rakyat merupakan salah satu aset bangsa, terdapat nilai-nilai budi pekerti, amanat dan pesan moral yang dapat diteladani oleh generasi muda. Melalui buku bacaan, cerita rakyat dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan dan menjaga warisan budaya Indonesia tersebut. Buku dalam dunia pendidikan adalah media yang sangat berperan penting, yakni meningkatkan peserta didik dalam berbagai aspek yang positif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa perpustakaan MA di Kabupaten Demak, menunjukan bahwa buku bacaan tidak ada di perpustakaan, terutama buku bacaan berbahasa Arab. Oleh sebab itu, pengembangan buku bacaan berbahasa Arab berbasis cerita rakyat di Kabupaten Demak sangat berpotensi untuk mengenalkan dan menjaga warisan budaya Indonesia tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui gambaran buku bacaan yang ada serta mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap buku bacaan AR-CERIYA (2) mendeskripsikan gambaran prototipe buku bacaan ARCERIYA, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk buku bacaan AR-CERIYA, dan (4) mengetahui kepuasan siswa terhadap buku bacaan ARCERIYA dengan kelas uji coba adalah kelas XI MAN Demak. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui nontes. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli, angket kepuasan siswa terhadap buku bacaan AR-CERIYA. Hasil penelitian ini adalah: 1) analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki buku penunjang pembelajaran berbasis cerita rakyat, 2) prototipe buku bacaan AR-CERIYA berisi 7 tema cerita rakyat di Kabupaten Demak, kosakata baru, dan evaluasi pada setiap materi dan disertai ilustrasi, 3) penilaian para ahli dan guru terhadap buku bacaan AR-CERIYA memperoleh rata-rata nilai dengan kategori sangat baik pada setiap aspek, dan 4) Hasil angket kepuasan siswa MA terhadap buku bacaan AR-CERIYA menunjukkan prosentase 87,7% dengan kategori sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: AR-CERIYA, cerita rakyat, dan buku bacaan bahasa Arab
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:23
Last Modified: 09 Apr 2018 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30674

Actions (login required)

View Item View Item