KIA (KITÂBAH ITU ASYIK) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MA


Vivi Maimunah , 2303413031 (2017) KIA (KITÂBAH ITU ASYIK) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (386kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Arab yaitu pembelajaran yang sulit dan membosankan karena tidak adanya media pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berupa multimedia. Selanjutnya multimedia tersebut dinamakan KIA (Kitâbah Itu Asyik). Multimedia ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa kebutuhan guru dan siswa terhadap multimedia berbasis Adobe Flash Professional CS6 untuk keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas X MA (2) Mendeskripsikan desain media KIA (Kitâbah Itu Asyik) sebagai multimedia berbasis Adobe Flash Professional CS6 untuk keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas X MA (3) Mendeskripsikan validasi ahli terhadap produk KIA (Kitâbah Itu Asyik) untuk keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas X MA. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan langkah: (1) merumuskan potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi dan data. Informasi dan data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, serta angket kebutuhan guru dan siswa (3) mendesain produk, (4) validasi produk. Validasi produk dilakukan dengan menyebar angket kepada ahli materi, multimedia, dan pembelajaran, (5) melakukan perbaikan desain produk berdasarkan masukan dari para ahli. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa membutuhkan adanya media KIA. Media KIA dibuat menjadi 3 desain yang meliputi 6 tema. Adapun tema-tema media KIA disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Bahasa Arab pada kelas X yaitu: (1) bab 1 ( ْ ُ ﺍﻟﺷﱠﺧ ُﺎﺕَﺎﻧَﻳَﺍﻟﺑ ﱠﻳﺔِ ), ﺻ (2) bab 2 ( ُﻖِﺍﻓَﺮَﺍﻟﻤ ِ ﺔَﺳَﺭْﺪَ ﺍﻟﻤْﻲِ ﻓُ ﺎﻣﱠﺔ َﻌْﺍﻟ), (3) bab 3 (ِ ﺏَ ﺍﻟﻄﱡﻼﱠ ِﻦَﻜَ ﺳْﻲِﻓَ ﻭِﺓَﺮْﺳُ ْ ﺍﻷْﻲِ ﻓُﺎﺓَﻴَﺍﻟﺤ), (4) bab 4 ( ِ ﺍﻟﻄﱡﻼﱠ ﺏ ُﺎﺕَﺍﺑَﻮِﻫ ﺽِﺮْﻌَﻤْﺍﻟَﻭ), (5) bab 5 (ُ ﺔَﻨْﻬِﺍﻟﻤَ ﻭُ ﺎﺓَﻴَﺤْﺍﻟ), (6) bab 6 ( ُﺔَﻨْﻬِﺍﻟﻤ ُ ﺎﻡَ ﺍﻟﻨﱠﻈ َﻭ ). Sedangkan pada setiap tema atau bab terdiri dari tampilan awal media KIA, tema/judul, apersepsi, KI/KD, materi, evaluasi, profil, petunjuk, dan keluar. Adapun Hasil dari validasi produk menyatakan bahwa media KIA “layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Pengembangan multimedia, dan Adobe Flash Professional CS6
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:16
Last Modified: 09 Apr 2018 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30672

Actions (login required)

View Item View Item