“THE ARATURE” (THE ARABIC ADVENTURE): MEDIA BOARD GAME UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS DI PURBALINGGA


Zahra Nida Al Medina , 2303413026 (2017) “THE ARATURE” (THE ARABIC ADVENTURE): MEDIA BOARD GAME UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS DI PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs. Permasalahan tersebut adalah kurangnya siswa dalam melakukan kegiatan berbicara bahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi media yang digunakan oleh guru. Guru masih menggunakan media konvensional dan berfokus pada buku paket saja sehingga pembelajaran menjadi tidak maksimal. Sehingga manfaat dari penelitian ini bagi guru adalah ini dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa dalam belajar bahasa Arab sehingga pembelajaran bahasa arab dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Sedangkan bagi siswa mampu membuat kegiatan pembelajaran bahasa Arab menjadi menarik dan menyenangkan Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan berbicara dengan menggunakan media board game dengan nama produk “The Arature” (The Arabic Adventure). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media board game “The Arature” (The Arabic Adventure), 2) Bagaimana prototipe media board game “The Arature” (The Arabic Adventure), 3) Bagaimana validasi penilaian guru dan ahli terhadap desain atau prototipe media board game “The Arature” (The Arabic Adventure). Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) hingga tahap kelima yaitu tahap revisi produk.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil angket kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan siswa menginginkan media yang memuat pengenalan kosakata, materi berupa audiovisual, evaluasi, kunci jawaban contoh evaluasi gambar yang disesuaikan dengan tema materi pelajaran. Selain itu, hasil angket validasi oleh ahli media menunjukkan hasil layak dengan skor 3 dan oleh ahli materi memperoleh predikat sangat layak dengan skor 4.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: board game“The Arature” (The Arabic Adventure); keterampilan ……...……... berbicara; pengembangan media bahasa Arab.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:13
Last Modified: 09 Apr 2018 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30671

Actions (login required)

View Item View Item