PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI DI KABUPATEN PEKALONGAN


Nur Afifah , 2303413021 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI DI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa diberbagai jenjang pendidikan khususnya siswa MI merasa kesulitan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan variatif. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berupa media boneka tangan berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media boneka tangan berbasis kearifan lokal untuk keterampilan berbicara bahasa Arab, 2) bagaimana prototipe media boneka tangan berbasis kearifan lokal untuk keterampilan berbicara bahasa Arab, 3) bagaimana penanaman nilai kearifan lokal melalui media boneka tangan berbasis kearifan lokal untuk keterampilan berbicara bahasa Arab, 4) bagaimana validitas ahli dan guru mata pelajaran bahasa Arab terhadap media boneka tangan berbasis kearifan lokal untuk keterampilan berbicara bahasa Arab, dan 5) bagaimana hasil analisis SWOT terhadap media boneka tangan berbasis kearifan lokal untuk keterampilan berbicara bahasa Arab. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui nontes. Instrumen data nontes yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media boneka tangan, dokumentasi, dan analisis SWOT. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki adanya media boneka tangan berbasis kearifan lokal yang terdiri dari empat komponen yaitu, boneka tangan berpakaian adat, panggung boneka, pelengkap yang berupa tas media, dan buku pedoman yang berisi SK dan KD, kosa kata, materi, serta evaluasi. Penilaian ahli media, ahli materi, dan guru menunjukkan hasil kesesuaian yaitu aspek kelayakan media dengan nilai rata-rata 3,6 (sangat layak). Pada aspek kelayakan isi dan materi memiliki rata-rata 3.57 (sangat layak). Pada aspek kontekstual memiliki rata-rata 3.55 (sangat sesuai). Pada aspek kelayakan penyajian memiliki rata-rata 3.7 (sangat layak). Pada aspek kelayakan bahasa memiliki rata-rata 3.52 (sangat layak).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Boneka Tangan, Kearifan Lokal, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 13:07
Last Modified: 09 Apr 2018 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30669

Actions (login required)

View Item View Item