PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN


MARTIN NUGRAHAINI, 7311413127 (2017) PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi dapat mengubah pola pikir masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern .Perbedaan utama dari masyarakat pasca-industri ini adalah penekanannya pada ekonomi disektor jasa dan teknologi. Tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran politik para pemegang saham. Berkembangnya perusahaan akan bergantung pada bagaimana kemampuan manajemen untuk mengolah sumber daya perusahaan dalam menciptakan nilai perusahaan sehingga akan memberikan keunggulan kompetitif perusahaan yang berkelanjutan. Dengan menggunakan kinerja modal intelektual sebagai nilai tambah pada perusahaan, dapat dikatahui pula pengarunya terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linear berganda melalui software Eviews 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa human capital dan capital employed berpengaruh terhadap kinerja keuangan (p < 0,05), sedangkan structural capital tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (p > 0,05). Selain itu, human capital dan capital employed juga berpengaruh terhadap nilai perusahaan (p < 0,05), sedangkan structural capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (p > 0,05). Saran bagi perusahaan, sebaiknya lebih memperhatikan adanya aset tak berwujud yang berpotensi meningkatkan kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Perusahaan harus meningkatkan human capital dengan melakukan penganggaran untuk pelatihan-pelatihan sehingga pengetahuan karyawan meningkat. Perusahaan juga harus memanfaatkan seluruh aset yang dimilikinya sehingga dapat memaksimalkan kinerja keuangan dan nilai perusahaan.Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi tambahan untuk melakuakan penelitian lanjutan khususnya di bidang kajian yang sama. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan jenis sampel yang berbeda sehingga pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan dapat diketahui pada berbagai sektor perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Intelektual, Human Capital, Structural Capital, Capital Employed, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:22
Last Modified: 26 Jun 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30668

Actions (login required)

View Item View Item