KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS SALAFIYAH WIRADESA PEKALONGAN


Ana Novi Safitri , 2303413016 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS SALAFIYAH WIRADESA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (643kB) | Preview

Abstract

Intellectually, Repetition), hasil belajar menyimak. Menyimak merupakan proses menerima sekumpulan bunyi kosakata atau kalimat yang memiliki makna terkait dengan kata sebelumnya dalam topik tertentu. Antusiasme dan keefektifan siswa dalam pembelajaran masih kurang, oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), terhadap hasil belajar menyimak bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah Wiradesa Pekalongan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dalam pembelajaran menyimak bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah Wiradesa Pekalongan. Dan apakah model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) efektif terhadap hasil belajar menyimak bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah Wiradesa Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran model AIR dan apakah efektif atau tidak model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), terhadap hasil belajar menyimak bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah Wiradesa Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berhubungan dengan angka- angka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Rata-rata post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen yakni nilai rata-rata kelas kontrol 73,76 sedangkan pada kelas eksperimen yakni 77,96. Dari perhitungan menggunakan uji t diperoleh = 3,063816767 sedangkan untuk N = dan derajat kebebasan dk = 25+25-2= 48 adalah dengan taraf signifikansi 5%. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja (Ha) karena nilai lebih besar dari . Hipotesis kerja (Ha) berbunyi “model AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) efektif terhadap hasil belajar menyimak bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah Wiradesa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran AIR (Auditory,
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 12:45
Last Modified: 09 Apr 2018 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30667

Actions (login required)

View Item View Item