PENGARUH SUKU BUNGA, INFLASI, NILAI TUKAR, EARNING PER SHARE, DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015)


Solihatun , 7311413119 (2017) PENGARUH SUKU BUNGA, INFLASI, NILAI TUKAR, EARNING PER SHARE, DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413119.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Return sebagai salah satu faktor yang memotivasi investor untuk berinvestasi. Return merupakan imbal hasil atas keberanian investor menanggung risiko terhadap investasi yang dilakukan. Konsep investasi menyatakan bahwa Low Risk, Low Return dan High Risk, High Return, dimana tinggi rendahnya imbal hasil atas investasi selalu diimbangi dengan tingkat risiko yang searah. Fluktuasi yang terjadi di pasar modal dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi pada beberapa variabel ekonomi makro dan fundamental perusahaan. Investor dalam berinvestasi perlu mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi return saham. Terdapat inkonsistensi dari penelitian terdahulu mengenai return saham yang menimbulkan kesenjangan penelitian, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko yang berpengaruh terhadap return saham, baik risiko sistematis (ekonomi makro) maupun risiko tidak sistematis (fundamental perusahaan). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 44 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 43 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan alat bantu menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel suku bunga memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap return saham, maka Ha1 diterima. Variabel inflasi memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap return saham, maka Ha2 ditolak. Variabel nilai tukar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap return saham, maka Ha3 diterima. Variabel EPS memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap return saham, maka Ha4 ditolak. Variabel PER memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap return saham, maka Ha5 ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah suku bunga, EPS, dan PER memiliki pengaruh negatif terhadap return saham. Nilai tukar memiliki pengaruh positif terhadap return saham. Sedangkan inflasi tidak memiliki pengaruh terhadap return saham. Saran dari penelitian ini untuk penelitian dengan topik sejenis dapat menambahkan variabel fundamental yang berkaitan dengan kinerja keuangan perusahaan. Manajemen perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kinerja perusahaan untuk menarik minat investor. Investor sebaiknya tidak bereaksi terlalu cepat terhadap perubahan kondisi ekonomi negara selama fundamental perusahaan dinilai masih memiliki kinerja yang baik, karena pada dasarnya pasar bersifat efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Suku Bunga, Inflasi, Nilai Tukar, EPS, PER, Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:22
Last Modified: 26 Jun 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30666

Actions (login required)

View Item View Item