PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BAHASA ARAB BERBASIS SEJARAH BAGI SISWA SMA/MA/SMK


Indi Ika Saputri , 2303413008 (2017) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BAHASA ARAB BERBASIS SEJARAH BAGI SISWA SMA/MA/SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (388kB) | Preview

Abstract

Kurangnya ketersediaan buku bacaan penunjang yang menarik dan bermutu menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya minat membaca anak Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan buku bacaan yang sifatnya menunjang pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab layak dilakukan sebagai upaya mencapai tujuan pembelajaran bahasa yang terintegrasi. Pengembangan buku bacaan untuk menunjang pembelajaran membaca bahasa Arab dapat berisi materi yang beraneka ragam, salah satunya sejarah. Sejarah merupakan salah satu materi yang dapat diberikan untuk memperkuat karakter kebangsaan dan semangat patriotik siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan gambaran buku bacaan bahasa Arab yang ada selama ini dan analisis kebutuhan guru dan siswa SMA/MA/SMK di kabupaten Pekalongan terhadap buku bacaan bahasa Arab berbasis sejarah, (2) Mendeskripsikan prototipe buku bacaan bahasa Arab berbasis sejarah, (3) Mendeskripsikan penilaian pakar/ahli terhadap buku bacaan bahasa Arab berbasis sejarah, dan (4) Mendeskripsikan analisis SWOT buku bacaan bahasa Arab berbasis sejarah Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui non tes, yaitu berupa wawancara, observasi terhadap buku bacaan yang sudah ada, angket kebutuhan guru dan siswa, dan angket penilaian terhadap produk. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukan guru dan siswa di kabupaten Pekalongan menghendaki adanya pengembangan buku bacaan bahasa Arab berbasis sejarah. Isi dari buku bacaan ini memuat kosakata baru, materi bacaan yang disertai dengan gambar, serta evaluasi pada setiap materi. Penilaian ahi desain menunjukkan hasil kesesuaian yaitu pada aspek pemilihan warna memperoleh rata-rata nilai 86,67 (sangat sesuai), penggunaan font memperoleh rata-rata nilai 85,5 (sangat sesuai), tipografi memperoleh rata-rata nilai 82,5 (sesuai), dan ilustrasi memperoleh rata-rata nilai 85 (sesuai). Sedangkan pada penilaian ahli materi menunjukkan hasil kesesuaian yaitu pada aspek kelayakan isi memperoleh rata-rata nilai 85,515 (sangat sesuai), kelayakan bahasa memperoleh rata-rata nilai 80,791 (sesuai), serta kelayakan penyajian memperoleh rata-rata nilai 88 (sangat sesuai).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Bacaan, Bahasa Arab, Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 12:43
Last Modified: 09 Apr 2018 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30663

Actions (login required)

View Item View Item