EFEKTIVITAS KATABA (KALENDER CERITA BAHASA ARAB) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA


Endah Rahmawati , 2303413001 (2017) EFEKTIVITAS KATABA (KALENDER CERITA BAHASA ARAB) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303413001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang cukup sulit bagi siswa. Salah satu faktornya adaah pengemasan pembelajaran yang kurang variatif. Menurut hasil observasi, rata-rata nilai ulangan tengah semester gasal kelas VIII menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya 68,02, artinya masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Adapun faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah adanya ketidakvariatifan penggunaan media pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, sehingga memungkinkan terjadinya kejenuhan siswa dalam belajar. Salah satu buktinya adalah siswa respon peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab masih lambat, ketika disodori teks-teks berbahasa Arab, peserta didik enggan untuk membacanya. Selain itu keterampilan menulis bahasa Arab juga masih rendah hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi keterampilan menulis yang masih banyak terdapat kesalahan. Kebanyakan peserta didik takut dan malu melakukan kesalahan. Ketakutan ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi tata bahasa/ qawa’id yang dipelajari dalam bahasa Arab. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan media Kataba untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas VIII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara? 2) Apakah penggunaan media Kataba efektif untuk peningkatan keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara? 3) Apakah penggunaan media Kataba efektif untuk peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media Kataba dan efektivitas penggunaan media Kataba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi pretest ix dan posttest hanya kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media Kataba. Data dihitung menggunakan uji t untuk membuktikan hipotesis peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab dengan memanfaatkan media Kataba. Nilai rata-rata keterampilan membaca kelas eksperimen 58,78 menjadi 78,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol 59,45 menjadi 72,18. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis kelas eksperimen 66 menjadi 84,19 dan nilai rata-rata kelas kontrol 58,82 menjadi 69,82. Kemudian pada uji t untuk keterampilan membaca diperoleh thitung 2,62 dan ttabel 1,697, pada keterampilan menulis diperoleh thitung 2,53 dan ttabel 1,697karena ttabel < thitung. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternatif (Ha) yaitu media Kataba efektif terhadap keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca dan Menulis, Media Kalender Ceriata Bahasa Arab
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2018 12:31
Last Modified: 09 Apr 2018 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30660

Actions (login required)

View Item View Item