PENGARUH AKTIVITAS OFF BALANCE SHEET TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Bank Umum yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2016)


Devi Setyaningrum , 7311413105 (2017) PENGARUH AKTIVITAS OFF BALANCE SHEET TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Bank Umum yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu trend perkembangan perbankan modern adalah semakin pesatnya pertumbuhan kegiatan transaksi off-balance sheet (OBS). Aktivitas off-balance sheet adalah kegiatan bank yang aktivitasnya tidak tercatat dalam neraca, namun akan berdampak pada pendapatan non bunga yang secara substansial akan berkontribusi terhadap bank profit. Beberapa penelitian sebelumnya tentang off balance sheet terhadap profitabilitas telah dilakukan, namun hasil penelitian tersebut menunjukan hasil yang tidak konsisten antara satu penelitian dengan penelitian yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas off balance sheet (OBS) yang dicerminkan oleh share of non interest income (snonin) terhadap profitabilitas bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2016. Penelitian ini menggunakan loan loss provision (LLP) sebagai variabel kontrol. Variabel yang digunakan untuk mewakili profitabilitas bank adalah ROA. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan bank yang dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan sampel 30 Bank Umum yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda pada data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model dan Generalized Least Square. Hasil regresi menunjukkan bahwa snonin berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, sedangkan LLP berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Meningkatnya aktivitas OBS akan menyebabkan ROA menurun, dan begitupun dengan meningkatnya LLP akan menyebabkan ROA menurun. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: regulator dapat meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan OBS sehingga berbagai risiko yang dapat terjadi akibat kegiatan ini bisa dikendalikan. Kegiatan OBS juga perlu diperhatikan oleh investor manakala kegiatan tersebut dapat menurunkan profitabilitas bank. Dan sebagai praktisi perbankan sebaiknya memperhatikan berbagai aspek keputusan penggunaan instrumen diversifikasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Share of Non-Interest Income, Loan Loss Provision, Profitabilitas Bank
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:00
Last Modified: 26 Jun 2019 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30658

Actions (login required)

View Item View Item